Hubungan latar belakang pendidikan guru dan pengalaman mengajar dengan kinerja guru di sekolah menengah pertama negeri Kecamatan Balerejo Madiun / Ika Cyntia Rismawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan latar belakang pendidikan guru dan pengalaman mengajar dengan kinerja guru di sekolah menengah pertama negeri Kecamatan Balerejo Madiun / Ika Cyntia Rismawati

Ika Cyntia (2010) Hubungan latar belakang pendidikan guru dan pengalaman mengajar dengan kinerja guru di sekolah menengah pertama negeri Kecamatan Balerejo Madiun / Ika Cyntia Rismawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci latar belakang pendidikan guru pengalaman mengajar dan kinerja guru. Pendidikan di Indonesia pada umumnya sampai saat ini belum mampu secara optimal membentuk masyarakat Indonesia yang berkualitas dan memiliki daya saing dengan masyarakat global. Hal ini dikarenakan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia masih rendah sebagai akibat dari rendahnya mutu pendidikan. Upaya-upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan antara lain dengan adanya Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dalam UU tersebut dinyatakan bahwa guru dipersyaratkan memiliki kualifikasi akademik pendidikan tinggi program sarjana. Selain itu masih ada UU Nomor 20 Tahun 1999 tentang otonomi daerah yang berakibat pada otonomi penyelenggaraan pendidikan dalam konteks otonomi sekolah. Otonomi sekolah ini dapat menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki guru. Untuk mewujudkan hal tersebut salah satu upaya peningkatan kualitas guru yaitu melalui latar belakang pendidikan Strata 1 (S1) dan juga didukung dengan pelatihan/penataran bagi guru di sekolah. Selain latar belakang pendidikan pengalaman mengajar yang cukup juga mempengaruhi peningkatan kualitas kinerja guru. Tujuan penelitian yang diajukan meliputi (1) mendeskripsikan tingkat latar belakang pendidikan guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Balerejo Madiun (2) mendeskripsikan pengalaman mengajar guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Balerejo Madiun (3) mendeskripsikan seberapa tinggi kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Balerejo Madiun (4) mendeskripsikan hubungan latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar dengan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Balerejo Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional yang bertujuan untuk mendeskripsikan mencatat menganalisis serta menginterprestasikan data. Lebih lanjut didalam penelitian yang dilakukan memiliki 3 variabel. Variabel bebas adalah latar belakang pendidikan guru (X1) dan pengalaman mengajar (X2) serta variabel terikat yaitu kinerja guru (Y). Populasi penelitian sebanyak 98 guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Balerejo Madiun. Untuk menjaring data menggunakan metode angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan secara parsial dan secara simultan. Secara parsial yaitu adanya hubungan antara latar belakang pendidikan guru (X1) dengan kinerja guru (Y) yang ditunjukkan dengan nilai ii thitung (6 682) ttabel (1 084). Adanya hubungan yang signifikan antara pengalaman mengajar (X2) dengan kinerja guru (Y) yang ditujukan dengan nilai thitung (5 778) ttabel (1 084). Sedangkan secara simultan yaitu adanya hubungan antara latar belakang pendidikan guru (X1) dan pengalaman mengajar (X2) dengan kinerja guru (Y) yang ditunjukkan dengan nilai F hitung (53 993) F tabel (3 092). Dari hasil analisis regresi berganda diperoleh nilai Adjusted R Square 0 522. Hal ini berarti variabel latar belakang pendidikan guru (X1) pengalaman mengajar (X2) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 52 2% sedangkan sisanya sebesar 47 8% oleh faktor di luar hubungan variabel (X1 X2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan latar belakang pendidikan guru dan pengalaman mengajar dengan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Balerejo Madiun. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian tersebut dikemukakan saran-saran sebagai berikut (1) seharusnya pimpinan Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun Diharapkan berguna untuk merumuskan kebijakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia khususnya bagi guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Balerejo Madiun serta melakukan pengembangan bagi guru melalui pendidikan berlanjut pendidikan lanjutan dan pengembangan staf agar kinerja guru baik (2) seharusnya kepala sekolah Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Balerejo Madiun mengembangkan kinerja guru yang sudah baik dengan cara mengikut sertakan guru pada pelatihan/penataran yang sesuai dengan mata pelajaran yang dikuasai sehingga kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Balerejo Madiun akan lebih meningkat (3) seharusnya guruguru Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Balerejo Madiun mempertahankan dan mengembangkan metode pembelajaran yang telah dilakukan selama ini dengan mengikuti pelatihan/penataran bagi guru untuk meningkatkan kemampuan pelaksanaan tugas-tugasnya sesuai dengan lingkup pekerjaannya sebagai seorang guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Balerejo Madiun (4) dosen Administrasi Pendidikan disarankan mengadakan kegiatankegiatan pelatihan/penataran mengenai kinerja guru agar pekerjaan yang dilaksanakan oleh guru dapat dijalankan dengan baik dan penuh semangat (5) bagi peneliti lain penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan atau acuan untuk melakukan penelitian selanjutnya. Apabila ingin melakukan penelitian yang sejenis sebaiknya penelitian ini lebih dikembangkan secara lengkap dengan subyek yang berbeda serta lebih mengembangkan variabel sub variabel dan indikatornya misalnya meneliti tentang kualitas diklat yang diikuti guru untuk variabel kinerja guru angket disebarkan pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4279

Actions (login required)

View Item View Item