Hidayah, Uma Mar'atul (2022) Strategi pengenalan asmaul husna untuk menanamkan karakter usia 4-6 tahun (Studi Fenomologi TK Budi Mulya Kota Kediri). Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nilai karakter perlu ditanamkan dalam diri anak usia dini untuk mempersiapkan mereka menghadapi identifikasi diri di masa depan. Membimbing anak melalui kebiasaan dan keteladanan untuk menjadi manusia yang beretika akan menumbuhkan nilai karakter pada seorang anak. Kebiasaan sangat mempengaruhi proses pembentukan karakter pada anak. Biarkan nilai-nilai tauhid hadir dalam diri anak-anak kita, dan kita bisa mulai mengenalkannya kepada tuhan. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah mengenalkan asmaul husna. Tujuan penelitian ini (1) mendeskrisikan materi pengenalan Asmaul Husna untuk menanamkan karakter pada anak usia 4-6 tahun, (2) mendeskripsikan buku cerita sebagai media pengenalan Asmaul Husna untuk menanamkan karakter anak usia 4-6 tahun, (3) mendeskrisikan langkah-langkah pelaksanaan strategi pengenalan Asmaul Husna untuk menanamkan karakter anak usia 4-6 tahun, (4) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi pengenalan Asmaul Husna dalam menanamkan katakter anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, pendidik, orang tua dan peserta didik. Pengecekan keabsahan data menggunakan Creadibility, Dependibility, Confirmability. Tekni Sampling menggunakan Snowbal Sampling. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi dengan mengelompokkan, mengkategorikan, menyimpulkan, dan merekonstruksikan untuk menangkap konsep-konsep penting dalam kumpulan data sesuai dengan pernyataan sumber data. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi mengenalkan Asmaul Husna untuk menanamkan karakter anak usia 4-6 tahun dilaksanakan melalui kegiatan yaitu menghafal Asmaul Husna melalui bernyanyi-gerakan (metode hanifida) dilakukan secara bersama-sama dan berkelompok, dan kegiatan story telling cerita dan makna Asmaul Husna, dari strategi tersebut dapat menanamkan nilai karakter religius, jujur, toleransi, displin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial dan lingkungan, serta tanggung jawab. Saran (1) kemanfaatan bagi kepala sekolah, bagi guru, pimpinan lembaga islam budi mulya, dan bagi orang tua, (2) saran yang digunakan adalah penelitian dengan metode research and development (R&D)disarankan untuk melanjutka penguji melalui uji keefektifan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai karakter, Asmaul Husna, pendidikan anak usia dini. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | mr magang UM |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 01:24 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 01:24 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4274 |
Actions (login required)
View Item |