Hubungan konsep diri dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM) siswa kelas X Program Teknik Pemesinan SMK Teknologi Nasional Malang / Achmad Hidayatullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan konsep diri dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM) siswa kelas X Program Teknik Pemesinan SMK Teknologi Nasional Malang / Achmad Hidayatullah

Hidayatullah, Achmad (2015) Hubungan konsep diri dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM) siswa kelas X Program Teknik Pemesinan SMK Teknologi Nasional Malang / Achmad Hidayatullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayatullah Achmad. 2014. Hubungan Konsep Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas X SMK Teknologi Nasional Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tuwoso M.P. (II) Didik Nurhadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci konsep diri kemandirian belajar prestasi belajar 12288 12288 12288 Konsep diri dan kemandirian belajar merupakan dua diantara banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Untuk mengetahui konsep diri kemandirian belajar dan prestasi belajar mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM) bagi siswa SMK Teknologi Nasional Malang serta hubungan antara variabel tersebut maka dilakukan penelitian ini. 12288 12288 12288 Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah (1) mengetahui konsep diri siswa kelas X SMK Teknologi Nasional Malang (2) kualifikasi kemandirian belajar siswa kelas X SMK Teknologi Nasional Malang (3) mengetahui kualifikasi prestasi belajar siswa kelas X SMK Teknologi Nasional Malang (4) menjelaskan hubungan konsep diri dengan prestasi belajar Mata Pelajaran PDTM siswa kelas X SMK Teknologi Nasional Malang (5) menjelaskan hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran PDTM siswa kelas X SMK Teknologi Nasional Malang (6) menjelaskan hubungan konsep diri dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran PDTM siswa kelas X SMK Teknologi Nasional Malang. 12288 12288 12288 Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Nasional Malang semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Analisis penelitian menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan kualifikasi konsep diri kemandirian belajar dan prestasi belajar. Analisis korelasi ganda digunakan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara konsep diri dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualifikasi konsep diri siswa kelas X SMK Teknologi Nasional sebanyak 73 61% tergolong kategori baik (2) kemandirian belajar yang dimiliki siswa sebanyak 54 16% tergolong kategori cukup (3) prestasi belajar mata pelajaran pengukuran yang dimiliki sebanyak 77 77% tergolong kategori baik (4) hubungan konsep diri dengan prestasi belajar Mata Pelajaran PDTM berpengaruh signifikan sebesar 20 7% (5) hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran PDTM berpengaruh signifikan sebesar 58 6%. Analisis korelasi ganda berpedoman pada tingkat signifikansi 0 000 lebih kecil dari () pada taraf kepercayaan 95% (taraf signifikansi 0 05) konsep diri dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran PDTM bagi siswa SMK Teknologi Nasional Malang (6) hubungan konsep diri dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran PDTM bagi siswa kelas X SMK Teknologi Nasional Malang sebesar 58 3% sedangkan sisanya sebesar 41 7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 12288 12288 12288 Saran berdasarkan temuan penelitian ditunjukkan (1) bagi siswa supaya lebih meningkatkan konsep diri dan kemandirian belajar sehingga prestasi belajarnya dapat meningkat (2) bagi guru supaya memberikan motivasi untuk meningkatkan konsep diri siswa dan kesadaran siswa dalam mempelajari mata diklat teori khususnya mata diklat pengetahuan dasar teknik mesin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42482

Actions (login required)

View Item View Item