Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline dalam permainan bola voli pada siswa kelas VII SMPN Kecamatan Suralaga, Kab. Lombok Timur - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline dalam permainan bola voli pada siswa kelas VII SMPN Kecamatan Suralaga, Kab. Lombok Timur

Azhari, Haeruddin (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline dalam permainan bola voli pada siswa kelas VII SMPN Kecamatan Suralaga, Kab. Lombok Timur. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan saat ini sangatlah bergantung pada teknologi sesuai dengan perkembangan zaman. Perubahan ini sangat signifikan dalam kehidupan manusia yang bergantung pada teknologi dalam kehidupan sehari-hari dan perlu menyesuaikan diri agar dapat memahaminya. Dalam pelaksanaan pembelajaran di zaman 4.0 yang berbasis teknologi ini, Guru dituntut meningkatkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan anak khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan di jenjang sekolah menengah pertama. Berdasarkan hasil observasi serta wawancara, kurangnya pemanfaatan multimedia interaktif dalam permainan bolavoli yang hanya mengacu pada buku saja, selain itu juga, pembelajaran hanya berfokus pada psikomotorik proses pembelajaran permainan bolavoli hanya berfokus pada aspek psikomotorik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menguji kelayakan produk articulate storyline dalam permainan bolavoli pada siswa kelas VIII SMPN Kecamatan Suralaga, Kab. Lombok Timur. Penelitian dan pengembangan ini akan dilakukan uji efektivitas, efisiensi, dan daya Tarik untuk melihat kelayakan media yang dikembangkan. Metode penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996). Adapun tahapan dalam pengembangan ini ialah; (1) need assessment, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Tahapan tersebut nantinya akan dijadikan landasan dalam menyimpulkan media interaktif yang di kembangkan layak ataupun tidak layak digunakan oleh siswa dalam pelaksanaan pembelajaran permainan bolavoli kelas VIII SMPN Kecamatan Suralaga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 90 siswa di tiga sekolah SMPN Kecamatan Suralaga Kab. Lombok Timur. Hasil uji validasi pembelajaran bolavoli 94% (sangat valid), validasi ahli materi bolavoli 90% (sangat valid), validasi ahli media pembelajaran 96% (sangat valid), uji coba kelompok kecil 93% (sangat layak), uji coba lapangan 90% (sangat layak), uji efektivitas 84% (sangat tuntas), uji efisiensi rata-rata (waktu belajar 0:45:22 dan waktu mengisi soal 0:08:43), dan uji daya tarik rata-rata 86% (sangat tertarik). Kesimpulan pengembangan produk media interaktif berbasis Articulate Storyline dalam permainan bolavoli pada siswa kelas VIII SMPN Kecamatan Suralaga, Kab. Lombok Timur, bahwa produk yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran permainan bolavoli di sekolah menengah pertama pada siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Permainan Bolavoli, Multimedia Interaktif, Articulate Storyline, Media Pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: mr magang UM
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:27
Last Modified: 08 Aug 2023 03:27
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4248

Actions (login required)

View Item View Item