Analisis penerapan keselamatan dan kesehatan kerja siswa SMK pada laboraturium pemesinan di SMK Se-Pasuruan / Bagas Surya Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penerapan keselamatan dan kesehatan kerja siswa SMK pada laboraturium pemesinan di SMK Se-Pasuruan / Bagas Surya Hadi

Hadi, Bagas Surya (2012) Analisis penerapan keselamatan dan kesehatan kerja siswa SMK pada laboraturium pemesinan di SMK Se-Pasuruan / Bagas Surya Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keselamatan kesehatan kerja SMK Pasuruan Pendidikan menengah kejuruan merupakan pendidikan pada jenjang pendidikan menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk mampu bekerja dalam bidang tertentu mampu beradaptasi di lingkungan kerja mampu melihat peluang kerja dan mampu mengembangkan diri dikemudian hari. Pendidikan di SMK berkatian erat dengan dunia industri terlebih dalam bidang keselamatan dan kesehatan kerja. K3 di bengkel pemesinan SMK di Pasuruan sangat mempengaruhi K3 di perindustrian Pasuruan karena perindustrian Pasuruan sebagian besar menyerap tenaga kerja dari SMK di Pasuruan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman siswa tentang K3 pemahaman guru tentang K3 kelengkapan fasilitas K3 dengan penerapan K3 siswa pada laboratorium pemesinan di SMK se- Pasuruan. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Data penelitian yang berupa angka-angka dalam skala likert ini diperoleh dari dari penelitian yang dilakukan ke SMK di Pasuruan. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket pernyataan. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap validasi angket uji normalitas dan kemudian uji hipotesis. Hasil analisis ditemukan. Pertama untuk variabel pemahaman siswa tentang K3 adalah thitung (2 504) ttabel (2 042) maka Ada hubungan yang signifikan antara pemahaman siswa tentang K3 dengan penerapan K3 siswa di laboratorium SMK se-Pasuruan. Kedua untuk variabel pemahaman guru tentang K3 adalah thitung (2 107) ttabel (2 042) maka ada hubungan yang signifikan antara pemahaman guru tentang K3 dengan penerapan K3 siswa di laboratorium SMK se-Pasuruan. Ketiga untuk variabel fasilitas K3 adalah thitung (2 209) ttabel (2 042) maka ada hubungan yang signifikan antara fasilitas K3 dengan penerapan K3 siswa di laboratorium SMK se-Pasuruan. Keempat dari hasil analisis data Fhitung (13 318) Ftabel (2 92) dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman siswa tentang K3 pemahaman guru tentang K3 dan kelengkapan fasilitas K3 penerapan K3 siswa di laboratorium pemesinan SMK se-Pasuruan. Dari nilai Adjusted R-Square menunjukkan nilai sebesar 0 560 atau 56 0%. Artinya bahwa penerapan K3 oleh siswa dapat dijelaskan sebesar 56 0% oleh pemahaman siswa tentang K3 pemahaman guru tentang K3 dan kelengkapan fasilitas K3 sedangkan sisanya 44% dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel bebas yang diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42322

Actions (login required)

View Item View Item