Peran media video dalam pembelajaran karya tari kreasi siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran media video dalam pembelajaran karya tari kreasi siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun

Digiananda, Sabrinaya Okyta (2023) Peran media video dalam pembelajaran karya tari kreasi siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Artikel ini membahas mengenai peran media video dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Media pembelajaran yang menarik dan sesuai untuk diterapkan di sekolah adalah video. Video merupakan media pembelajaran yang dapat menampilkan konten yang canggih dan beragam, sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Salah satu mata pelajaran yang memanfaatkan media video dalam proses pembelajarannya adalah seni tari, karena mempelajari tari membutuhkan penggunaan kemampuan audiovisual. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap narasumber dari SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun. Narasumber yang terlibat yaitu Titik Gianti, Hermin Sri Utami, Melani Dewi, Cakra Santosa, dan Titan Nugraha. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan media video dapat membangkitkan motivasi siswa sehingga siswa mengalami perubahan cara belajar yang lebih baik, contohnya siswa belajar dengan durasi yang lama, memiliki sikap taat dan konsisten untuk menyelesaikan tugas, dan kemampuan menari siswa berkembang, selain itu media video juga menjadi inovasi pembelajaran bagi siswa, sehingga siswa mengalami peningkatan kualitas diri dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:25
Last Modified: 26 Jul 2023 07:25
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4230

Actions (login required)

View Item View Item