Maghfiroh, Ranis (2018) Strategi pengembangan usaha dalam meningkatkan produksi usaha mikro kecil menengah (studi kasus Kelompok Usaha Bandeng Reang Desa Gumeno Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik) / Ranis Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Maghfiroh Ranis. 2018. Strategi Pengembangan Usaha dalam Meningkatkan Produksi Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus Kelompok Usaha Bandeng Reang Desa Gumeno Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik). Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imam Mukhlis S.E. M.Si (II) Dr. Hadi Sumarsono S.T. M.Si Kata Kunci strategi pengembangan usaha mikro kecil menengah SWOT. Kelompok Usaha Bandeng Reang merupakan kelompok usaha yang mengolah ikan bandeng menjadi abon bandeng dengan memanfaatkan sumber daya hasil dari Desa Gumeno sendiri. Adapun kendala yang dialami oleh Kelompok Usaha Bandeng Reang yaitu dari sisi bahan baku dan juga pemasaran produk. Terkait dengan kendala yang dialami oleh Kelompok Usaha Bandeng Reang dalam menjalankan usahanya tersebut tentu ada strategi yang dapat digunakan kelompok usaha untuk mengembangkan usahanya. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan yang dilakukan oleh Kelompok Usaha Bandeng Reang dalam mengembangkan usahanya terutama di bidang produksi potensi yang dimiliki oleh kelompok usaha tersebut dan peran kelompok usaha bagi perekonomian anggotanya sendiri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif naratif dan metode analisis SWOT. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung oleh peneliti dari informan. Berdasarkan hasil analisis strategi pengembangan usaha yang digunakan untuk meningkatkan produksi Kelompok Usaha Bandeng Reang dapat melalui stategi S-O yaitu dengan menghasilkan produk yang lebih berkualitas dan meningkatkan promosi. Strategi W-O dengan menghasilkan jumlah produk yang tetap agar menghasilkan pendapatan yang tetap bagi anggota kelompok usaha. Strategi S-T dengan memperluas pangsa pasar dan meningkatkan produksi di musim kemarau. Strategi W-T dengan melakukan kerjasama dengan petani tambak ikan bandeng agar tetap dapat berproduksi meskipun di musim kemarau.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/42111 |
Actions (login required)
View Item |