Analisis sektor basis dan sektor potensial terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Batu / Chevizt El Hatswien - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis sektor basis dan sektor potensial terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Batu / Chevizt El Hatswien

El Hatswien Chevizt (2018) Analisis sektor basis dan sektor potensial terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Batu / Chevizt El Hatswien. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK El Hatswien Chevizt. 2017. Analisis Sektor Basis Dan Sektor Potensial Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Batu. Skripsi.Program StudiEkonomi Pembangunan JurusanEkonomi Pembangunan FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I)Dr. HariWahyono M.Pd. (II) Dr. SugengHadiUtomo M.S Kata Kunci Sektor Basis Pertumbuhan Ekonomi. Kota Batumerupakansalahsatu Kota Wisata di JawaTimur yang awalnyamerupakanbagiandariKabupaten Malang tapipadatahun 2001 kotainimelepaskandiridariKabupaten Malang .Kota Batumelaksanakanotonomidaerahmeskipunumurnyabisadikatakanmasihsangatmuda. Kota Batuawalmelaksanakanotonomipadatahun 2003.Denganadanyaotonomidaerah diharapkanpemerintah Kota Batubisamerasalebihbaikkarenadapatmengatursendiriurusandidaerahnya.Karenamelihatpotensi yang cukupbesar yang dimiliki Kota Batu.Pemerintahkotaperlumemperhatikansektor yang potensial yang dimilikiuntukmelihatpertumbuhandanperkembangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Menggunakan jenis penelitian Deskriptif. Dikatakan demikian karena penelitian ini pada umunya bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang variabel yang diteliti dan bersifat kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi. Prosedur pengembangannya yakni data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota batudiolah dan dihitung menggunakan analisis LQ untuk mengetahui sektor basis di lihat dari PDRB Kota Batu di lanjutkan dengan analisis shift-share untuk mengetahui Perubahan dan Pergeseran Sektor yang ada di tingkat wilayah setelah itu untuk mengklasifikasikan tingkat kepotensialan sektor di gunakan analisis tipologi sektoral. Berdasarkanhasilpenelitian yang telah di uraikan makadapat di tarikkesimpulanKota Batumerupakankotapariwisatadengan basis pertanian. Penduduk Kota Batuhampirsebagianbesarbermatapencaharianutamasebagaipetani.OlehkarenaitumenjadisuatukeharusanbagiPemerintah Daerah Kota Batuuntukmemprioritaskansektorpertaniandanpariwisatadalampembanguanekonomidanwilayah.SektorPertanianmerupakansektorunggulan yang diharapkandapatbersinergidenganpertumbuhanSektorlainnyasepertipariwisata perdagangandanindustri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 08 Oct 2019 06:48
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42105

Actions (login required)

View Item View Item