Pembelajaran menulis teks deskripsi bahasa jerman melalui puisi konkret - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran menulis teks deskripsi bahasa jerman melalui puisi konkret

Adhima, Fauzan and Siregar, Azizah Hanoum (2023) Pembelajaran menulis teks deskripsi bahasa jerman melalui puisi konkret. SELASAR 7, 7 (1). pp. 100-109. ISSN 2541-349X

[img] Text
11. (QC) Artikel Selasar_Dra. Azizah Hanoum Siregar, M.Pd. - Fauzan Adhima.pdf

Download (166kB)
[img] Text
1LvJuATOmrrTcOI-oEjjExgEV55k-fPBO

Download (430kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi bahasa Jerman melalui pembelajaran puisi konkret dan juga untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan menulis bahasa Jerman menggunakan media puisi konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulsi teks deskripsi menggunakan puisi konkret pada siklus I dan II mencapai sudah berjalan dengan baik dari segi perencanaan, pelaksanaan sampai pada evaluasi pembelajaran. Pada siklus 1, dosen menjelaskan dan melatih mahasiswa menulis teks deskripsi yang berkaitan dengan keadaan sekitar melalui penggunaan media puisi konkret. Hal ini mengakibatkan mahasiswa dapat melatih menulis teks deskripsi sesuai dengan konteks keadaan sekitarnya. Sedangkan pada tahap kedua, mahasiswa membuat puisi konkret yang bertemakan bangsa Indonesia. Dari puisi konkret tersebut mahasiswa menuliskan dan menggambarkan situasi terkini bangsa Indonesia. Hasilnya, ide-ide yang dimunculkan mahasiswa semakin beragam dan lebih kreatif. Mahasiswa dapat mendeskripsikan bangsa Indonesia sesuai perspektif dan pandangannya masing-masing. Begitu pula hasil belajar menulis deskripsi mahasiswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pada siklus 1 yaitu 76,5 menjadi 87,6 pada siklus 2. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran puisi konkret dapat mengembangkan ide dan gagasan kreatif mahasiswa dan juga meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi bahasa Jerman pada mahasiswa di prodi Pendidikan bahasa Jerman UNJ. Kata Kunci: Menulis, Teks Deskripsi, Puisi Konkret

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > Prosiding Departemen Sastra Jerman
Depositing User: Selasar Jerman UM
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:32
Last Modified: 25 Jul 2023 07:32
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4210

Actions (login required)

View Item View Item