Sholikah, Linda MarÔÇÖatus (2017) Analisis pelaksanaan branchless banking sebagai upaya mendo rong inklusi keuangan (studi kasus: Program BRILink Bank BRI KCP Unit Panggungrejo Kabupaten Blitar) Linda MarÔÇÖatus Sholikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sholikah Linda Mar atus. 2016.Analisis Pelaksanaan Branchless Banking Sebagai Upaya Mendorong Inklusi Keuangan (Studi Kasus Program BRILink Bank BRI KCP Unit Panggungrejo Kabupaten Blitar. Skripsi JurusanEkonomiPembangunan FakultasEkonomiUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dwi Wulandari S.E. M.M. (II) Dr. Farida Rahmawati S.E. M.E. Kata Kunci Branchless Banking BRILink Inklusi Keuangan Keadaan geografis di Indonesia yang luas dengan masih besarnya ketidakmerataan sarana perbankanmengakibatkan masyarakat di pedesaan menjadi kesusahan dalam mengakses perbankan. Berdasarkan data riset global inclusion Bank Dunia didapatkan angka inklusi keuangan Indonesia terhitung 20% rakyat Indonesia memiliki rekening bank. Fakta ini mendorong Bank Indonesia memperluas layanan perbankandengan penerapan branchless banking. Branchless banking merupakan layanan sistem keuangan yang dilakukan tidak melalui kantor namun dengan menggunakan sarana teknologi dan/atau jasa pihak ketiga terutama untuk melayani masyarakat unbanked. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan (1) Gambaran pelaksanaan BRILink (2) Pengaruh BRILink dalam mendorong inklusi keuangan. Penelitian ini mengambil lokasi di Bank BRI Unit Panggungrejo. Penelitian ini mengumpulkandata dengan cara wawancara secara langsung kepada pihak BRI agen BRILink dan nasabah BRILink. Hasil penelitian(1) Pelaksanaan BRILink di Panggungrejo dengan menggunakan sistem keagenan (2) Keberadaan BRILink di Panggungrejo berpengaruh dalam mendorong inklusi keuangan yaitu (a) Kemudahan dalam mengakses layanan perbankan kini semakin mudah dan cepat dengan adanya agen sebagai kepanjangan tangan dari bank. (b) biaya yang terjangkau dapat menjangkau masyarakat menengah kebawah. (c) fitur yang diberikan BRILink sederhana dan praktis jadi masyarakat nyaman menggunakan layanan BRILink.(d) kualitas BRILink yang lebih bisa menjangkau nasabah dari interaksi yang dilakukan oleh agen dan nasabah. (e) BRILinkmenambahpenghasilanagendanmembantu aktifitas transaksi masyarakat Panggungrejosehinggadapat menambah kesejahteraan masyarakat dalam mengakses perbankan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Feb 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/42072 |
Actions (login required)
View Item |