Efektivitas kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan pengaruhnya terhadap kinerja guru di SMP se-kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Aprilia Nia Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan pengaruhnya terhadap kinerja guru di SMP se-kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Aprilia Nia Permatasari

Permatasari, Aprilia Nia (2016) Efektivitas kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan pengaruhnya terhadap kinerja guru di SMP se-kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Aprilia Nia Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permatasari Aprilia Nia. 2016. Efektivitas Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru di SMP se-Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Burhanuddin M.Ed Ph.D (II) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos M.Pd Kata Kunci MGMP Kinerja guru. MGMP merupakan forum yang bertujuan untuk mendukung pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan. Forum tersebut diperlukan sebagai wadah bagi guru untuk melakukan pertemuan dengan guru mata pelajaran sejenis. Di dalam forum ini dapat dilakukan berbagai upaya pengembangan guru guna meningkatkan wawasan keterampilan serta kompetensi guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik. Dengan adanya MGMP semua guru dapat mempersatukan persepsi dengan guru mata pelajaran sejenis. Dalam kegiatan MGMP semua guru mata pelajaran sejenis disatukan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat efektivitas kegiatan MGMP di SMP se-Kecamatan Pandaan (2) untuk mengetahui kinerja guru di SMP se-Kecamatan Pandaan (3) untuk mengetahui pengaruh kegiatan MGMP terhadap kinerja guru di SMP se-Kecamatan Pandaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif analisis deskriptif korelasional dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan MGMP terhadap kinerja guru. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas (kegiatan MGMP) dan variabel terikat (kinerja guru). Populasi dalam penelitian ini yaitu guru SMP se-Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan yang mengikuti MGMP dengan jumlah 195 guru. Sejumlah 131 guru dijadikan sampel yang ditetapkan dengan teknik proportional random sampling. Sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang disusun dalam butir-butir pernyataan berjumlah 42 butir 23 butir tentang MGMP dan 19 butir tentang kinerja guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial penyelenggaraan MGMP memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru SMP di Kecamatan Pandaan. Jika dilihat dari implementasi kegiatan MGMP yang dilakukan dapat diketahui bahwa tingkat efektivitas kegiatan MGMP termasuk dalam kualifikasi sangat efektif serta tingkat kinerja guru SMP di Kecamatan Pandaan termasuk dalam kualifikasi sangat baik. Dengan demikian penyelenggaraan MGMP memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kinerja guru SMP di Kecamatan Pandaan. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan yaitu (1) bagi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan diharapkan dapat memberikan dukungan saran dan masukan kepada para pengawas dan Kepala Sekolah untuk mendorong intensitas pelaksanaan program-program kerja MGMP agar MGMP dapat berjalan secara optimal karena peran dari pemerintah juga sangat diperlukan oleh Kepala Sekolah dan guru guna peningkatan mutu pendidikan (2) bagi Kepala Sekolah SMP se-Kecamatan Pandaan diharapkan dapat mengarahkan serta memantau pelaksanaan kegiatan MGMP yang diikuti oleh guru. Karena dengan keikutsertaan guru dalam kegiatan MGMP memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kinerja guru (3) bagi Guru SMP se-Kecamatan Pandaan diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan keikutsertaanya dalam setiap kegiatan MGMP karena dengan mengikuti kegiatan MGMP dapat menunjang setiap kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap pendidik serta untuk peningkatan kemampuan dan ketrampilan guru sehingga kinerja guru dapat mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan (4) bagi peneliti lain diharapkan mampu menggali lebih dalam mengenai gambaran yang luas dan mendalam tentang efektivitas kegiatan MGMP dan pengaruhnya terhadap kinerja guru serta dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai acuan apabila peneliti lain berminat meneliti lebih lanjut mengenai pengaruh kegiatan MGMP terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42057

Actions (login required)

View Item View Item