Analisis pengembangan komoditi anggur sebagai komoditas unggulan Kota Probolinggo / Susanti Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengembangan komoditi anggur sebagai komoditas unggulan Kota Probolinggo / Susanti Anggraini

Anggraini, Susanti (2016) Analisis pengembangan komoditi anggur sebagai komoditas unggulan Kota Probolinggo / Susanti Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraini Susanti. 2016. Analisis Pengembangan Komoditi Anggur Sebagai Komoditas Unggulan Kota Probolinggo. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sugeng Hadi Utomo M.Ec (II) Dr. Grisvia Agustin S.E. M.Sc. Kata Kunci Potensi Komoditas Anggur Hambatan Pengembangan Upaya Pemerintah Mengembangkan Komoditas Anggur. Sektor pertanian merupakan sektor yang cukup menarik untuk pemerintah sebab peranan sektor pertanian sangat penting dalam pembangunan ekonomi. Subsektor pertanian yang memiliki potensi salah satunya adalah subsektor perkebunan. Salah satu komoditas yang memiliki potensi dalam subsektor perkebunan adalah buah anggur. Anggur memilliki potensi pasar yang baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan komoditas anggur dengan mengetahui potensi yang dimiliki dan upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengembangkan komoditas anggur. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif teknik pengumpulan data didapatkan dari data primer yaitu dilakukan dengan menekankan pada teknik pengumpulan data langsung pada narasumber dengan cara observasi maupun wawancara dan dari data sekunder yang diperoleh dari studi literatur Dinas Pertanian Kota Probolinggo dan BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kota Probolinggo masih memiliki potensi untuk mengembangkan komoditas anggur karena banyaknya permintaan dari luar namun para petani masih belum bisa memenuhi permintaan luar karena lahan yang semakin berkurang dan produksi semakin menurun. Menurunnya produksi anggur ini dikarenakan cuaca yang tidak menentu. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengembangkan komoditas anggur dengan melakukan penyuluhan kepada setiap kelompok tani pemberian bibit gratis pada petani dan melakukan intensifikasi pekarangan dengan menanam 1-2 pohon anggur di depan rumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42036

Actions (login required)

View Item View Item