Zen, Moh. Hoiri (2016) Strategi pengembangan industri pariwisata di Kabupaten Banyuwangi (studi kasus: Taman Wisata Alam Kawah Ijen Banyuwangi) / Moh. Hoiri Zen. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zen Moh. Hoiri. 2016. Strategi Pengembangan Industri Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi (Studi Kasus Taman Wisata Alam Kawah Ijen Banyuwangi). Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dwi Wulandari S.E. M.M (2)Thomas Soseco S.E. M. Sc. Kata Kunci Strategi Pengembangan Industri Pariwisata Kawah Ijen Sektor pariwisata berada pada 10 besar penyumbang devisa negara terbanyak di Indonesia. Salah satu daerah yang gencar membangun pariwisata sejak tahun 2010 -2015 di Indonesia adalah Kabupaten Banyuwangi. Rencana pengembangan pariwisata melalui Triangle Diamonds (WPP 1 Kawah Ijen WPP II Plengkung WPP III Sukamade) menjadi strategi andalan Kabupaten Banyuwangi. TWA (Taman Wisata Alam) Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi andalan Banyuwangi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan TWA Kawah Ijen ditinjau dari aspek kebijakan dan peraturan pariwisata aspek lingkungan bisnis dan infrastruktur pariwisata serta aspek sumber daya manusia budaya dan alam. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui kegiatan wawancara observasi dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari Seksi Konservasi Wilayah (SKW) V Banyuwangi Disbudpar Kabupaten Banyuwangi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Banyuwangi dan Dispenda Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan Pemda Banyuwangi telah melakukan kerjasama dengan Kementerian Kehutanan dalam pengembangan wisata alam khususnya di TWA Kawah Ijen terkait dengan promosi pembangunan sarana dan prasarana pariwisata pembangunan pusat informasi dan pembinaan masyarakat. Dampaknya infrastruktur jalan menuju Kawah Ijen semakin baik dan berkualitas pelaku usaha jasa pariwisata semakin banyak adanya pembinaan pramuwisata khusus Kawah Ijen serta gencarnya promosi Kawah Ijen di media elektronik cetak baliho maupun promosi dalam bentuk kegiatan Banyuwangi Tour de Ijen. Sehingga kunjungan wisatawan di TWA Kawah Ijen pun semakin meningkat secara drastis dari tahun 2013-2015. Kendala yang dihadapi TWA Kawah Ijen berupa SDM yang minim meningkatnya jumlah sampah akibat wisatawan seringnya terjadi kecelakaan di jalan menuju Kawah Ijen blok Paltuding belum adanya pos layanan kesehatan permanen di Paltuding dan kurangnya koordinasi antara pihak pengelola dengan Pemda Banyuwangi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran untuk pemerintah agar membuat regulasi terkait kendaraan yang diperbolehkan masuk kawasan bekerjasama dengan pihak pengelola dalam mengatasi permasalahan sampah. Sedangkan pihak pengelola perlu meningkatkan kerja sama yang baik dengan Pemda Banyuwangi dalam pengembangan wisata di TWA Kawah Ijen. Serta bagi wisatawan TWA Kawah Ijen agar memperhatikan aspek kebersihan lingkungan untuk menjaga kelestarian alam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/42019 |
Actions (login required)
View Item |