Ambarwati, Dewi Wahyu (2015) Studi perbandingan efektivitas model pembelajaran problem based learning dan jurisprudential inquiry dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar ekonomi kelas XI SMA Negeri 2 Pare Kabupaten Kediri / Dewi Wahyu Ambarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ambarwati Dewi Wahyu. 2015. Studi Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Jurisprudential Inquiry dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 2 Pare Kabupaten Kediri. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec Kata Kunci problem based learning jurisprudential inquiry kemampuan berpikir kritis motivasi belajar Model pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Saat ini guru dituntut untuk lebih kreatif selektif dan inofatif dalam memilih model pembelajaran karena model pembelajaran sangat berpengaruh besar terhadap ketercapaian dari tujuan pembelajaran. Model pembelajaran dapat dikatakan baik apabila dapat memacu semangat setiap peserta didik untuk secara aktif ikut terlibat dalam proses mencari pengetahuan atau belajar. Sehingga saat ini sangat penting bagi seorang guru untuk mampu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Banyak sekali sekarang ini ditemukan berbagai model-model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru namun tidak semuanya sama efektifnya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kefektivitasan penggunaan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran jurisprudential inquiry terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental design) dengan rancangan penelitian solomon- four group design. Data dikumpulkan melalui soal pre-test post test angket observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini diambil berdasarkan sampel dan populasi dengan unit analisis adalah peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 2 Pare Kabupaten Kediri dapat diketahui bahwa (1) nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dapat dikategorikan cukup baik (2) nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran jurisprudential inquiry dapat dikategorikan baik (3) penerapan model pembelajaran jurisprudential inquiry lebih efektif dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Saran yang dapat diberikan penulis dalam penelitian ini yaitu guru sebaiknya mampu untuk memilih dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kemampuan peserta didik serta sesuai pula dengan materi pembelajaran yang sedang dibahas di kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/41969 |
Actions (login required)
View Item |