Penerapan metode pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang pada mata pelajaran IPS-Ekonomi / Dyah Puspita Hermytasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang pada mata pelajaran IPS-Ekonomi / Dyah Puspita Hermytasari

Hermytasari, Dyah Puspita (2013) Penerapan metode pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang pada mata pelajaran IPS-Ekonomi / Dyah Puspita Hermytasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hermytasari Dyah Puspita. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Prih Hardinto M.Si (II) Drs. H. Ach.Ali Wafa M.Pd. Kata Kunci Numbered Heads Together (NHT) aktivitas belajar hasil belajar Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMP Negeri 3 Malang diketahui bahwa sebagian guru IPS Ekonomi masih sedikit yang menerapkan model pembelajaran berkelompok guru cenderung melakukan pembelajaran konvensional dan sebatas memberi tugas. Permasalahan yang sering terjadi adalah siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu sebagian siswa beranggapan bahwa mata pelajaran ekonomi merupakan mata pelajaran yang sulit. Hasil belajar siswa cenderung rendah dan berada di bawah SKM yang ditentukan yaitu 80 yang dilihat dari nilai ulangan maupun ujian sekolah. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif Numbered Heads together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan pokok bahasan Sistem ekonomi dan Perpajakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 3 Malang yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi berisi lembar observasi aktivitas guru dan siswa tes berupa pre test dan post test angket respon siswa cacatan lapangan wawancara dan dokumentasi. Pada aspek hasil belajar penulis melihat peningkatan hasil nilai tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama persentase aktivitas pembelajaran Numbered Heads Together(NHT) yang dilakukan oleh guru pada siklus I sebesar 67% dan pada siklus II sebesar 94%. Kedua untuk variabel aktivitas siswa dilihat dari tiga aspek yang dinilai yaitu aspek keaktifan siswa partisipasi siswa dan aspek kepatuhan siswa dalam mengerjakan soal. Pada siklus I rata-rata nilainya sebesar 52% dan meningkat menjadi 77 7% pada siklus II. Ketiga hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 50% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 18 siswa. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 75% dengan jumlah siswa yang tuntas sebesar 27 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa. Keempat berdasarkan angket respon siswa terhadap penerapan Numbered Heads Together (NHT) adalah positif siswa setuju jika diterapkan model tersebut pada ii mata pelajaran IPS- Ekonomi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 3 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41893

Actions (login required)

View Item View Item