Pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi dan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan ilmu sosial SMA Negeri Kota Kediri / Riska Febriyanawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi dan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan ilmu sosial SMA Negeri Kota Kediri / Riska Febriyanawati

Febriyanawati, Riska (2012) Pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi dan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan ilmu sosial SMA Negeri Kota Kediri / Riska Febriyanawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Persepsi Mata Pelajaran Ekonomi Gaya Mengajar Sebagai mata pelajaran khas jurusan Ilmu Sosial (IS) idealnya hasil belajar siswa optimal pada mata pelajaran ekonomi. Hasil belajar dipengaruhi oleh motivasi dan motivasi dibentuk oleh persepsi. Dengan demikian persepsi mempengaruhi hasil belajar. Hal ini diperkuat oleh teori belajar gestalt humanistik dan pemikiran beberapa tokoh seperti Grasha Rusyan dan Desmita. Di SMA Negeri 2 Kota Kediri yang mayoritas jurusannya adalah jurusan Ilmu Alam (IA) masih dapat ditemui siswa kelas XI jurusan Ilmu Sosial (IS) yang terlambat masuk pada jam pelajaran ekonomi dan terlambat mengumpulkan tugas. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa kelas XI Jurusan Ilmu Sosial (IS) tentang mata pelajaran ekonomi dan gaya mengajar guru serta seberapa besar pengaruhnya terhadap hasil belajar. Berdasarkan jenis data dan analisisnya penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket (model likert) dan dokumen. Populasi penelitian ini adalah Kelas XI Jurusan Ilmu Sosial (IS) SMA Negeri 2 Kota Kediri yang berjumlah 65 siswa. Besarnya sampel dihitung dengan menggunakan rumus Slovin dengan galat penelitian sebesar 5% sehingga didapat 56 siswa sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Data dianalisis dengan bantuan program SPSS 16 for Windows. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama terdapat pengaruh signifikan antara persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Ilmu Sosial (IS) SMA Negeri 2 Kota Kediri. Kedua terdapat pengaruh signifikan antara persepsi siswa tentang gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Ilmu Sosial (IS) SMA Negeri 2 Kota Kediri. Ketiga terdapat pengaruh signifikan antara persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi dan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Ilmu Sosial (IS) SMA Negeri 2 Kota Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa Kelas XI Jurusan Ilmu Sosial (IS) di SMA Negeri 2 Kota Kediri memiliki persepsi yang baik tentang mata pelajaran ekonomi dan gaya mengajar guru. Hasil belajar siswa juga menunjukkan hasil yang baik. Sebagai sekolah favorit hasil ini dapat menjadi masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah sehingga persepsi siswa tidak hanya baik namun sangat baik sehingga hasil belajar semakin baik pula

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41883

Actions (login required)

View Item View Item