Sanjani, Nurhayati Ita (2011) Perbandingan media pembelajaran kartu arisan dan metode diskusi kelas untuk mengurangi kejenuhan dan meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII MTsN Tunggangri Tulungagung / Nurhayati Ita Sanjani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Media Pembelajaran Kartu Arisan Kejenuhan Siswa dan Hasil Belajar Siswa kelas VIIIA dan VIIIB sebagai pusat pembelajaran harus terlibat aktif dalam proses belajar mengajar. Akan tetapi yang terjadi dalam pembelajaran ekonomi di sekolah-sekolah pada umumnya siswa merasa jenuh dan bosan karena metode pembelajaran yang dipakai oleh guru selalu monoton sehingga menyebabkan prestasi belajar siswa belum dapat dicapai secara maksimal. Berkaitan dengan permasalahan tersebut di atas guru berusaha mengurangi kejenuhan siswa dan meningkatkan prestasi belajarnya dengan menggunakan media pembelajaran kartu arisan dalam pembelajaran Ekonomi. Penggunaan media pembelajaran kartu arisan ini tergolong media pembelajaran yang efektif untuk menigkatkan hasil belajar karena siswa di tuntut untuk dapat saling membantu memecahkan masalah siswa akan saling mengungkapkan ide atau gagasan dan membantu anggota kelompok yang belum memahami materi dan dapat meningkatkan rasa toleransi dan kekompakan antar anggota kelompok. Penelitian ini memiliki tujuan (1) Untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan metode diskusi kelas dengan media pembelajaran kartu arisan dalam pelajaran ekonomi (2) Untuk mengetahui perbandingan tingkat kejenuhan siswa yang menggunakan metode diskusi kelas dengan media pembelajaran kartu arisan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTSN Tunggangri Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 69 orang. Instrumen penelitian menggunakan observasi tes dan angket. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan nilai rata-rata dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan metode diskusi kelas diperoleh peningkatan hasil belajar dilihat dari nilai rata-rata pre tes sebesar 44 dan nilai rata-rata pos test sebesar 73 5. Jika dikonversikan maka nilai rata-rata pre test dengan kriteria kurang dan nilai rata-rata post test dengan kriteria cukup (2) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi yang menggunakan metode kartu arisan diperoleh peningkatan hasil belajar dilihat dari nilai rata-rata pre tes sebesar 47 8 dan nilai rata-rata pos test sebesar 84 1. Jika dikonversikan maka nilai rata-rata pre test dengan kriteria kurang dan nilai rata-rata post test dengan kriteria sangat baik (3) Tingkat kejenuhan siswa dengan menggunakan metode kartu arisan lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekonomi yang menggunakan metode diskusi kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/41879 |
Actions (login required)
View Item |