Efektivitas penerapan pembelajaran PBMP (pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan) model TPS (think pair share) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi kelas VIII SMP Negeri 10 Malang / Putri Ayu Anisatus Solikha - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penerapan pembelajaran PBMP (pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan) model TPS (think pair share) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi kelas VIII SMP Negeri 10 Malang / Putri Ayu Anisatus Solikha

Solikha, Putri Ayu Anisatus (2011) Efektivitas penerapan pembelajaran PBMP (pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan) model TPS (think pair share) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi kelas VIII SMP Negeri 10 Malang / Putri Ayu Anisatus Solikha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) TPS (Think Pair Share) Prestasi Belajar Siswa Kegiatan pembelajaran ekonomi di SMP Negeri 10 Malang masih menerapkan pembelajaran model ceramah dan tanya jawab sehingga pada saat proses belajar mengajar siswa bersikap pasif serta tidak terlatih untuk berpikir kritis dikarenakan siswa merasa bosan dan kurang memahami materi yang akan diajarkan akibatnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi masih di bawah SKM. Berkaitan dengan itu maka diperlukan model pembelajaran yang dapat menstimulus kemampuan berpikir kritis siswa yaitu pembelajaran PBMP (Pemberdayaan Berikir Melalui Pertanyaan) model TPS (Think Pair Share). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui secara empiris perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model ceramah dan tanya jawab dengan yang diajar menggunakan pembelajaran PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) model TPS (Think Pair Share) pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini digunakan jenis penelitian Quasy Experiment dengan model pretest-postest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang tahun ajaran 2010/2011. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas 8.H sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran model ceramah dan tanya jawab dan kelas 8.G sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) model TPS (Think Pair Share). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t menggunakan One-Sample Test. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis terhadap gain score menunjukkan nilai signifikansi 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41874

Actions (login required)

View Item View Item