Pengaruh pendekatan psikologis pengajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMPN 20 Malang / Juwita Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan psikologis pengajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMPN 20 Malang / Juwita Azizah

Juwita Azizah (2009) Pengaruh pendekatan psikologis pengajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMPN 20 Malang / Juwita Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknik pendekatan psikologis ini didasarkan pada sifat manusia yang memiliki derajat potensi latar belakang historis serta harapan masa depan yang berbeda-beda. Karena pada dasarnya setiap manusia memiliki perbedaan begitu pula dengan pendekatan psikologis seorang guru sebagai pengajar untuk anak didik dan pendekatan orang tua terhadap anaknya untuk menjelaskan suatu mata pelajaran. Seorang anak sebaiknya tidak perlu didoktrin namun diberikan suatu pendekatan psikologis untuk membentuk jiwa seorang anak dengan baik dan bertanggungjawab atas tindakannya. Perhatian orang tua juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa hal ini tentunya dipengaruhi oleh kondisi rumah dan keharmonisan keluarga. Dengan adanya perhatian orang tua maka anak akan merasa diperhatikan dan juga dibutuhkan oleh orang tuanya. Sehingga sebagai timbal baliknya maka anak akan memberikan yang terbaik untuk orang tuanya. Yang terbaik untuk orang tuanya akan ditunjukkan melalui sikap dan perilaku juga nilai pelajaran di sekolah yang bertujuan untuk memberikan kebahagiaan kepada orang tuanya. Berdasarkan latar belakang tersebut diatas maka masalah yang dibahas yaitu Bagaimana pengaruh pendekatan psikologis guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 20 Malang Dalam penelitian ini berdasarkan pendapat Arikunto di atas maka sampel dari penelitian ini adalah sebagai berikut jumlah keseluruhan siswa kelas VIII SMPN 20 Malang adalah 320 siswa yang terbagi dalam 8 kelas VIII. Dari setiap kelas diambil proporsi 50% siswa dari masing-masing kelas yang diteliti secara random. Dapat hasil penelitian dari kedua variabel ini yang memberikan pengaruh dominan adalah variabel psikologis pengajar terhadap siswa. Psikologis pengajar memberikan pengaruh lebih dominan hal ini disebabkan adanya perhatian orang tua lebih sedikit waktunya dibandingkan dengan perhatian seorang guru karena waktu jam pelajaran di sekolah lebih lama jika dibandingkan dengan pengawasan orang tua terhadap siswa yang belajar di rumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41838

Actions (login required)

View Item View Item