Implementasi pendidikan seks untuk pembentukan karakter anak usia dini (studi kasus TK Negeri Pembina Kota Blitar) - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan seks untuk pembentukan karakter anak usia dini (studi kasus TK Negeri Pembina Kota Blitar)

Indrawati, Istikumala (2021) Implementasi pendidikan seks untuk pembentukan karakter anak usia dini (studi kasus TK Negeri Pembina Kota Blitar). Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Memberikan pendidikan seks pada anak sering kali di anggap hal yang tabu bagi orangtua, sedangkan kasus kekerasan terhadap anak merupakan masalah sosial yang memiliki dampak besar pada aspek kesehatan yang berpengaruh buruk terhadap proses tumbuh kembang anak baik secara fisik maupun psikologis. Dalam pencegahannnya orangtua dan lingkungan terdekat dengan anaklah yang tepat untuk memberikan pendidikan seks sejak dini. Agar hal ini tidak terjadi perilaku atau perlakuan menyimpang baik yang berasal dari anak-anak sendiri maupun dari orang lain. Pendidikan seks anak usia dini dalam membentuk karakter yang baik pada anak dan penerapannya dapat memberikan kontribusi dan memperkaya khasanah keilmuan. Konsep pendidikan seks dapat dimaknai sebagai upaya memberikan pengetahuan tentang aspek-aspeknya, pengertiannya, tujuannya, serta akibatnya yang meliputi bidang biologis, psikologis dan psikososial dengan menanamkan moral etika serta komitmen agama. Urgensi permasalahan seksual pada anak membuat pemerintah mulai mengeluarkan wacana tentang penerapan pendidikan seks dalam materi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan. Pembelajaran di PAUD diberikan secara terpadu dengan membuat Perencanaan, Pelaksanaan, Proses penilaian serta Proses refleksi yang di organisasi melalui tema-tema pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan motode penelitian yaitu studi kasus di mana penelitian ini menggunakan beragam metode dan beragam sumber data pada kegiatannya. Dalam penelitian implementasi pendidikan seks untuk pembentukan anak usia dini sumber data di peroleh adalah data primer dan data sekunder, sedangkan teknik yang di gunakan yaitu wawancara, observasi atau pengamatan, dan telaah dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Yaitu, analisis data di gunakan untuk memproses data yang tidak dapat dilakukan dengan nomor nominal / angka. Kemudian untuk tahap pengecekan keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, keaslian, kriteria sekunder dan meningkatkan kredibilitas serta dapat dipercaya. Pendidikan seks di sekolah harus memperhatikan sosial dan karakter anak. Pendidikan karakter merupakan penciptaan lingkungan sekolah yang membantu siswa dalam perkembangan etika, tanggung jawab melalui model, dan pengajaran karakter yang baik melalui nilai-nilai universal, dimana melalui pendidikan seks anak usia dini bisa mengenal batas area pribadi anak yang boleh dan tidak boleh di sentuh, lalu cara berpakaian bagi anak perempuan. Kegiatan implementasi meliputi perencanaan berupa RPPM,RPPH dan pelaksanaan bisa melalui kegiatan pembiasaan sehari-hari, setelah itu di evaluasi dengan melakukan monitoring sebagai upaya untuk memastikan bahwa pendidikan seks untuk anak usia dini di lakukan dengan benar. Faktor pendukung antara lain adanya media gambar, video, audio visual, brosur, Handphone, alat peraga sehingga orang tua dan pendidik mudah di dalam mengimplementasikan pendidikan seks pada anak usia dini sedangkan faktor penghambat dalam implementasi ini bisa di sederhanakan melalui kegiatan pembiasaan. Kemajuan teknologi yang juga memerlukan pendampingan penuh dari orang tua adalah salah satu pencegahan dan pengawasan dari orang tua, dengan tetap memperhatikan usia dan daya nalar anak saat memulai pembicaraan, maka ketidaknyamanan menghilang sehingga muncul keterbukaan antara anak dan orang tua, juga saling menghargai. Karakter baik akan melekat dimana anak juga akan menjadi sosok yang mandiri dan lebih mudah diajak kerjasama, pendidikan karakter tidak hanya mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah. Lebih dari itu, pendidikan karakter adalah usaha menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang baik (habituation) sehingga siswa mampu bersikap dan bertindak berdasarkan nilai-nilai yang telah menjadi kepribadiannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:58
Last Modified: 26 Jul 2023 07:58
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4174

Actions (login required)

View Item View Item