Hubungan Antara Pemanfaatan Fasilitas Belajar Perpustakaan Sekolah dan Prestasi Belajar IPS (Studi pada MA. Ma'arif Putat Kumpul Turi Lamongan) oleh Khomsiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan Antara Pemanfaatan Fasilitas Belajar Perpustakaan Sekolah dan Prestasi Belajar IPS (Studi pada MA. Ma'arif Putat Kumpul Turi Lamongan) oleh Khomsiyah

Khomsiyah (2010) Hubungan Antara Pemanfaatan Fasilitas Belajar Perpustakaan Sekolah dan Prestasi Belajar IPS (Studi pada MA. Ma'arif Putat Kumpul Turi Lamongan) oleh Khomsiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan suatu bangsa dalam membangun watak bangsa. Dengan adanya pendidikan diharapkan dapat membangun kualitas sumber daya manusia sesuai dengan tujuan pendidikan yang tertuang dalam GBHN dan UU Sistem Pendidikan Nasional. Salah satu indikator keberhasilan dari proses pendidikan adalah melalui kualitas dari prestasi belajar siswa serta kemampuan siswa untuk terus bereksistensi dalam lingkungannya. Peningkatan prestasi belajar siswa didukung oleh adanya faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik dari motivasi belajar. Faktor intrinsik seperti bakat dan minat kecerdasan intelegensi serta kreativitas dan gaya belajar siswa. Sedangkan faktor ekstrinsik seperti lingkungan dalam bentuk interaksi sosial baik di sekolah keluarga maupun masyarakat serta sarana dan prasarana yang menunjang dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara interaksi sosial daya kreativitas dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa serta untuk mengetahui variabel yang paling dominan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan uji F pada taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi sosial berpengaruh secara positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang hal ini dapat dilihat dari t hitung 3.456 t tabel 2.0095. Daya kreativitas berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 5 malang yang dilihat dari hasi t hitung 7.099 t tabel 2.0095. Gaya belajar juga berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang dengan nilai t hitung 2.204 t tabel 2.0095. Sedangkan secara simultan interaksi sosial daya kreativitas dan gaya belajar berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang dengan hasil F hitung 56.066 F tabel 2.794. Selain itu diperoleh R Square sebesar 0.615 yang artinya secara simultan interaksi sosial daya kreativitas dan gaya belajar berpengaruh sebesar 61 5% terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang pada mata pelajaran akuntansi. Sedangkan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang adalah variabel daya kreativitas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada para peneliti selanjutnya dengan kasus serupa agar mengembangkan variabel-variabel penelitian yang bervariasi yang diharapkan dapat mengungkap lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil temuan penelitian yang lebih berarti serta memperluas wilayah populasi dan menggunakan teknik pengumpulan data yang bervariasi agar hasil penelitian lebih akurat dan objektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41574

Actions (login required)

View Item View Item