Fadj'riansyah, Muhammad (2013) Dampak pembangunan mall dan relokasi pasar Dinoyo terhadap kondisi sosial ekonomi pada pedagang pasar / Muhammad Fadj'riansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Relokasi Kondisi sosial ekonomi pedagang. Relokasi adalah pemindahan suatu tempat menuju tempat yang baru. Pada awal tahun 2012 Pemkot Malang mengadakan penataan tata ruang kota dengan merelokasi Pasar Dinoyo. Pemkot Malang berkeinginan dengan merelokasi pasar akan dibangun menjadi pasar modern yang berdampingan dengan pasar tradisional. Dengan pembangunan tersebut Pemkot Malang juga berupaya mengurangi kemacetan yang selama ini terjadi. Pasar Dinoyo awalnya terletak di jalan MT. Haryono dipindahkan menuju ke pasar penampungan Kelurahan Merjosari. Letak pasar penampungan Kelurahan Merjosari ini aksesnya sulit dijangkau alat transportasi juga kurang sehingga terjadi penurunan jumlah pengunjung yang berdampak terhadap pendapatan pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi pedagang sebelum dan sesudah direlokasi. Sumber data dalam penelitian ini tidak ditentukan jumlahnya melainkan berdasar pada snowball sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu (1) wawancara mendalam (in depth interview) (2) observasi partisipan (participant observation) (3) studi dokumentasi (study of documents). Hasil penelitian menunjukkan 1) Kondisi sosial pedagang yang diidentifikasi dari jumlah pelanggan fasilitas berjualan kondisi tempat berjualan pedagang sistem keamanan pasar kesehatan yang dimaksudkan terhadap kebersihan dengan sampah pasar ketertiban pasar dalam kenyamanan pedagang dan pengunjung banyak terjadi perubahan khususnya dari jumlah pelanggan yang mengalami penurunan. Selain itu banyaknya PKL yang berjualan tidak pada tempatnya membuat pedagang dan pengunjung merasa terganggu. 2) Kondisi ekonomi pedagang dilihat dari sisi pendapatan. Jumlah pendapatan pedagang mengalami penurunan. Penurunan pendapatan itu diakibatkan perbedaan pengunjung dan hilangnya pelanggan akibat adanya relokasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa 1) Adanya relokasi tersebut berdampak pada penurunan jumlah pengunjung. Akses jalan dan alat transportasi yang sedikit membuat pengunjung banyak yang beralih pasar. 2) Adanya perpindahan pasar membuat pengunjung pasar yang sebelumnya ramai sekarang menjadi sepi. Akibatnya dengan sepinya pengunjung pasar berdampak kepada pendapatan pedagang. Pendapatan pedagang yang biasanya tinggi menjadi berkurang bahkan ada yang rugi. 3) Mengenai kebijakan pasar pihak pengelola pasar menyerahkan sepenuhnya kepada paguyuban sehingga pedagang merasa peran serta pihak pengelola pasar itu kurang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/41444 |
Actions (login required)
View Item |