Susanto, Yudi (2023) Pengembangan buku digital sejarah lokal tentang rapat damai tumbang anoi 1894 untuk meningkatkan kesadaran sejarah dan kesadaran budaya mahasiswa pendidikan sejarah Universitas PGRI Palangkaraya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya tingkat pengetahuan sejarah dan budaya lokal generasi muda Palangka Raya saat ini adalah dikarenakan kurangnya kesempatan untuk mempelajari peristiwa bersejarah yang terjadi di lokalitas tempat tinggalnya. Permasalahan bahan ajar sejarah lokal yang belum menggunakan materi dari lingkungan di mana peserta didik berada terjadi juga di Universitas PGRI Palangka Raya, kondisi ini menjadi masalah sekaligus potensi untuk ditemukan solusinya. Tujuan dari penelitian dan pengembangan yang hendak dicapai adalah menghasilkan bahan ajar sejarah lokal dalam bentuk buku digital yang valid, efektif dan layak untuk digunakan tentang kajian peristiwa sejarah lokal pada zaman kolonial di Kalimantan Tengah yang berjudul Rapat Damai Tumbang Anoi 1894 untuk dapat meningkatkan kesadaran sejarah dan kesadaran budaya mahasiswa program studi pendidikan sejarah pada mata kuliah sejarah lokal di Universitas PGRI Palangkaraya. Pengembangan buku digital ini disusun berdasarkan model pengembangan 4-D (Thiagarajan et al., 1974), yang terdiri dari 4 tahapan utama, yaitu: (l) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan) dan (4) Disseminate (penyebaran). Pemilihan model ini dilakukan karena dapat digunakan sebagai dasar bagi pengembangan perangkat pembelajaran, sehingga memiliki tahapan yang lebih sederhana dan memungkinkan untuk diterapkan dalam proses pengembangan produk bahan ajar. Kelebihan lainnya adalah pada keterlibatan para ahli sebagai validator pemberi masukan, saran dan nilai. Hasil penelitian dan pengembangan buku digital ini, pada tahap validasi produk oleh ahli materi diperoleh skor 95% dan ahli media sebesar 99%. Pada pelaksanaan uji terbatas didapatkan persentase penilaian untuk uji keterbacaan sebesar 97% sedangkan pada uji lapangan didapatkan persentase skor uji keterbacaan sebesar 97.96%. Setelah menggunakan buku digital hasil pengembangan, kesadaran sejarah mahasiswa memperoleh skor rata-rata sebesar 87.93% atau ada peningkatan 15.82%, sedangkan untuk persentase skor kesadaran budaya didapatkan rata-rata sebesar 89%, atau ada peningkatan 15.37% dibandingkan sebelum menggunakan buku digital. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan produk buku digital Rapat Damai tumbang Anoi 1894 dapat dikategorikan sebagai bahan ajar yang valid, efektif dan layak digunakan. Adapun saran bagi pengembangan penelitian selanjutnya adalah agar dapat menuangkan materi sejarah lokal ini dalam bentuk yang lebih variatif, sehingga lebih sesuai dan dapat digunakan secara efektif di tingkat pendidikan lainnya, serta dapat mengangkat peristiwa lokal yang ada di lingkungan terdekat untuk dijadikan sebagai bahan ajar sejarah sesuai kebutuhan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 08:34 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 08:34 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4142 |
Actions (login required)
View Item |