Analisis kondisi internal dan eksternal perkembangan usaha kripik tempe Sanan Kota Malang / Endhica Setyo Maryono - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kondisi internal dan eksternal perkembangan usaha kripik tempe Sanan Kota Malang / Endhica Setyo Maryono

Maryono, Endhica Setyo (2012) Analisis kondisi internal dan eksternal perkembangan usaha kripik tempe Sanan Kota Malang / Endhica Setyo Maryono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kondisi Internal Kondisi Eksternal Perkembangan Usaha Keripik Tempe Sanan Kota Malang Perkembangan usaha keripik tempe Sanan Kota Malang dibagi menjadi dua faktor yaitu faktor kondisi internal dan faktor kondisi eksternal. Faktor internal ini meliputi (tenaga kerja lama usaha dan tingkat produksi) dan faktor eksternal (jumlah pelanggan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan yang cukup signifikan antara kondisi internal dan kondisi eksternal terhadap perkembangan usaha keripik tempe Sanan Kota Malang. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara secara langsung kepada pengrajin keripik tempe di Sanan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan frekuensi distribusi analisis koefisien kontingensi dan uji chi-kuadrat. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan usaha keripik tempe Sanan jika dilihat dari variabel kondisi internal (tenaga kerja lama usaha dan tingkat produksi) dan varibel kondisi eksternal (jumlah pelanggan) memiliki hubungan yang saling berkaitan terhadap perkembangan usaha keripik tempe Sanan Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar pengrajin keripik tempe dapat menentukan strategi untuk mempertahankan keberadaan usaha kecil keripik tempe di Sanan seperti menjaga dan meningkatan kualitas rasa keripik tempe membeli bahan baku yang lebih murah dan bermutu meningkatkan promosi keripik tempe seperti iklan brosur dan pameran UMKM agar keripik tempe Sanan Kota Malang lebih dikenal dan untuk mempertahankan usahanya sebaiknya pengrajin melakukan inovasi produk berbahan baku dari tempe sehingga pengrajin dapat menjadi pioner dari produk baru tersebut sekaligus dapat menjadi ciri khas keripik tempe Sanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41403

Actions (login required)

View Item View Item