Mahfiyah, Sherlinah (2012) Pengaruh tingkat suku bunga dan pemberian hadiah terhadap keputusan nasabah dalam menabung pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Malang Cabang Martadinata / Sherlinah Mahfiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Keputusan Menabung Tingkat Suku Bunga Pemberian Hadiah. Perbankan memegang peranan yang amat penting sebagai sumber modal dan perantara keuangan. Sebagai lembaga keuangan bank amat dibutuhkan masyarakat karena itu pengaturan gerak langkah perbankan sangat erat kaitannya dengan kebijaksanaan moneter pemerintah kebijaksanaan suku bunga merupakan bagian dari kebijaksanaan moneter sebagaimana eratnya kaitan antara bank dan uang yang didukung dengan adanya proses pemasaran Keberhasilan pemasaran harus didukung dengan adanya promosi penjualan kegiatan yang termasuk dalam promosi penjualan diantaranya pemberian hadiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh variabel tingkat suku bunga dan pemberian hadiah terhadap peningkatan keputusan menabung pada PT. BRI Malang cabang Martadinata. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional dengan menggunakan metode survey terhadap responden melalui kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Britama PT BRI Malang Cabang Martadinata yaitu sebanyak 2572 nasabah. Sampel dalam penelitian ini mengambil 5% dari 2572 nasabah yaitu sebanyak 129 nasabah dengan teknik accidental sampling. Dalam menganalisis digunakan teknik analisis deskriptif dan analisis data berupa uji validitas dan reliabilitas serta regresi berganda juga dengan uji-uji statistik (uji t uji F dan uji R ) dan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. (1) Berdasarkan hasil analisis regresi secara parsial nilai thitung 8 273 dan nilai signifikansi t 0 000 0 05 maka Ha menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan tingkat suku bunga terhadap keputusan menabung. (2) Berdasarkan hasil analisis regresi secara parsial nilai thitung 3 195 dan nilai signifikansi t 0 002 0 05 maka Ha menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan pemberian hadiah terhadap keputusan menabung. (3) Berdasarkan hasil analisis regresi secara simultan didapatkan nilai Fhitung 48 588 dan nilai signifikansi F 0 000 0 05 maka Ha yang menyatakan ada pengaruh yang positif dan signifikan suku bunga dan pemberian hadiah secara simultan terhadap keputusan menabung. hal ini sesuai dengan hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa diduga pengaruh positif tingkat suku bunga tabungan dan pemberian hadiah terhadap peningkatan keputusan menabung terbukti kebenarannya. Nilai R sebesar 0 435 menunjukkan bahwa sebanyak 43 5 % variabel keputusan menabung dipengaruhi atau dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen sedangkan sisanya sebesar 56 5% dijelaskan oleh variabel lain di luar kedua variabel tersebut. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kedua variabel tersebut mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan menabung pada PT BRI Malang Cabang Martadinata Sehubungan dengan hal tersebut maka disarankan sebaiknya pihak bank menaikkan tingkat suku bunga tabungan pada bulan-bulan tertentu serta mempertahankan pemberian hadiah kalau perlu lebih ditingkatkan lagi guna memacu semangat nasabah dalam meningkatkan keputusan menabung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/41386 |
Actions (login required)
View Item |