Arista, Puput Dwi (2012) Analisis manajemen kredit bermasalah pada kredit pemilikan rumah terhadap upaya pengendalian kredit macet (studi di PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Malang) / Puput Dwi Arista. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Manajemen Kredit Bermasalah Pengendalian Kredit Macet. Kredit bermasalah merupakan resiko yang terkandung dalam setiap pemberian kredit. Timbulnya kredit bermasalah dapat menjadi penyebab kesulitan bank yang terkait dengan kesehatan bank. Karena itu bank harus menghindarkan diri dari kredit bermasalah atau Non Performing Loan. Terjadinya keterlamabatan pembayaran atau sama sekali tidak ada pembayaran ketika debitur tidak mampu memenuhi kewajibannya kepada bank merupakan gejala yang dapat menyebakan terjadinya kredit bermasalah. Mutu kredit menjadi merosot dan bank akan mengalami kerugian yang potensial apabila kredit yang bermasalah tersebut berkembang sampai pada kredit macet. Untuk itu diperlukan manajemen kredit bermasalah yang kompeten dan mampu mengelola kredit bermasalah agar tidak terjadi dampak yang lebih besar. Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Malang pada tahun 2011. Pada penelitian ini peneliti menggunakan data primer berupa wawancara dan data sekunder yang berupa dokumentasi laporan kualitas kredit macet pertriwulan pada Kredit Pemilikan Rumah tahun 2008 hingga 2010 dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh manajemen kredit bermasalah dalam menangani kredit bermasalah pada Kredit Pemilikan Rumah terhadap upaya pengendalian kredit macet di PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Malang. Manajemen kredit bermasalah yang mampu mengelola Non Performing Loan sehingga tidak sampai mengganggu kesehatan bank membuat upaya pengendalian kredit macet memperoleh keberhasilan dalam usahanya. Dari hasil penelitian yang peneliti dapatkan penerapan manajemen kredit bermasalah pada Kredit Pemilikan Rumah di PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Malang telah dilakukan sesuai dengan prosedur dan ketentuan Undang-Undang Perbankan serta sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku. Oleh karena itu Bank BTN Cabang Malang terus berusaha dengan keras memperbaiki mutu citra dan kinerjanya agar tingkat pertumbuhan kredit macet dapat dikendalikan dari tahun ketahun.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/41384 |
Actions (login required)
View Item |