Alfianita, Desi Widya (2022) Pengembangan panduan konseling kelompok realitas teknik bibliokonseling untuk meningkatkan efikasi diri siswa sekolah menengah atas (SMA). Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Efikasi diri merupakan salah satu faktor psikologis yang penting dalam membantu peserta didik dalam belajar dan meraih kesuksesan. Efikasi diri juga menjadi suatu kajian penting dalam pembelajaran karena merupakan suatu skill yang penting untuk meningkatkan pencapaian. Efikasi diri memiliki peran dalam membentuk kreatifitas, ketekunan dalam mencapai tujuan yang diharapkan dan mendukung penggunaan seluruh potensi yang ada dalam diri siswa. Berdasarkan studi pendahuluan berupa survai dengan menggunakan angket dan wawancara kepada konselor di SMAN 1 Lawang didapatkan hasil bahwa tingkat efikasi diri siswa berada pada kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan konseling kelompok realitas teknik bibliokonseling untuk membantu meningkatkan efikasi diri siswa sekolah menengah atas dengan memenuhi kriteria keberterimaan produk secara teoritis dan praktis baik dari aspek ketepatan, kegunaan, kelayakan, kemudahan, dan kemenarikan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg & Gall (1983). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu: instrumen skala efikasi diri, instrumen penilaian ahli bimbingan dan konseling, instrumen penilaian ahli materi bibliokonseling, instrumen penilaian ahli media pembelajaran serta instrumen penilaian calon pengguna. Instrumen validasi ahli materi bimbingan dan konseling, ahli materi bibliokonseling, ahli media pembelajaran, dan calon pengguna dianalisis menggunakan model analisis inter-rater agreement untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kelayakan produk panduan. Untuk mengetahui tingkat efektivitas produk panduan peneliti melaksanakan uji lapangan operasional dalam bentuk uji kelompok kecil dengan subjeknya enam orang siswa. Uji lapangan operasional dianalisis menggunakan analisis wilcoxon signed rank test melalui bantuan aplikasi IBM SPSS for windows versi 25 Hasil uji produk dari ahli bimbingan dan konseling memiliki indeks 0,74 kategori tinggi, ahli materi bibliokonsel ing sebesar 1,00 kategori validitas sangat tinggi, ahli media sebesar 0,88 kategori validitas sangat tinggi, calon pengguna memberikan nilai 1,00 kategori validitas sangat tinggi. Hasil uji keefektifan juga menunjukkan adanya peningkatan skor efikasi diri. Berdasarkan hasil uji wilcoxon didapatkan nilai Z sebesar -2,207b dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,027. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangk an telah memenuhi kriteria keberterimaan produk dari berbagai aspek yang telah ditentukan dan dinyatakan layak untuk dipergunakan oleh guru bimbingan dan konseling. Saran dan kebermanfaatan pengembangan selanjutnya yaitu (1) guru bimbingan dan konseling SMA Negeri 1 Lawang sebagai pengguna produk utama disarankan untuk menerapkan konseling kelompok realitas teknik bibliokonseling untuk meningkatkan efikasi diri siswa sebagaimana langkah-langkah penerapan yang tercantum dalam panduan; (2) peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan uji efektivitas produk dalam skala yang lebih luas karena uji lapangan pada penelitian ini hanya dilaksanakan dalam bentuk uji kelompok kecil terbatas; (3) peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan pengkajian lebih lanjut jika diterapkan di sekolah lain karena penelitian dan pengembangan dilakukan di SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Lawang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 01:33 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 01:33 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4132 |
Actions (login required)
View Item |