Putra, Hanung Manggala (2013) Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan sifat cahaya kelas V SDI Surya Buana Kota Malang / Hanung Manggala Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Putra Hanung Manggala .2013. Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan Sifat Cahaya Untuk Kelas V SDI Surya Buana Kota Malang. Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) Dr. Agus Wedi M.Pd. Kata kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA. Pada pembelajaran IPA pokok bahasan sifat cahaya merupakan pembelajaran mengenai sifat-sifat cahaya dan alat optik. Sementara itu pembelajaran di sekolah masih tertuju pada guru dengan metode ceramah serta penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran ini hanya tersedia dalam bentuk buku teks yang dirasa kurang menarik. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif akan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi ketertarikan siswa terhadap sajian materi di dalamnya. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbentuk mulltimedia interaktif pada pembelajaran IPA di SDI Surya Buana kota Malang Tujuan dari pengembangan yaitu menghasilkan multimedia pembelajaran berupa multimedia interaktif yang layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPA pokok bahasan sifat cahaya di SDI Surya Buana kota Malang. Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation) dari Raiser and Mollenda (dalam Pribadi 2009). Dalam sistematika pengembangannya terdapat tahap-tahap yang akan dilakukan guna mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahap-tahap tersebut antara lain (1) Menganalisa kebutuhan dan Identifikasi Masalah (2) mendesain multimedia pembelajaran interaktif (3) Pengembangan (4)Implementasi dan (5) Evaluasi terhadap produk. Hasil Pengembangan media pembelajaran interaktif ini memenuhi kriteria valid/layak yakni ahli media 81 6% ahli materi 86 6% dan klasikal/lapangan 89 51. Sedangkan untuk tes hasil belajar siswa terdapat 23 dari 26 orang (88 46%) yang berhasil mencapai ketuntasan dalam belajar dan nilai mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Dengan demikian multimedia pembelajaran interaktif ini dikualifikasikan efektif digunakan untuk pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah multimedia interaktif hasil pengembangan termasuk kriteria valid dan kualifikasi layak digunakan pada pembelajaran serta efektif untuk pembelajaran pada mata pelajaran IPA di sekolah. Media pembelajaran interaktif ini adalah salah satu media alternatif yang bisa membantu siswa terutama pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk belajar secara mandiri dengan berbantuan komputer. Saran yang diajukan yaitu penambahan video dan penambahan fitur sehingga multimedia pembelajaran ini menjadi lebih interaktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/411 |
Actions (login required)
View Item |