Widyawati, Ratna L. (2013) Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran muatan lokal bahasa daerah di kelas VII SMP negeri 01 Pronojiwo Kab. Lumajang / Ratna L. Widyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci integrasi pendidikan karakter muatan lokal Bahasa Daerah Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mampu melahirkan sumber daya manusia yang memiliki intelektualitas yang seimbang dengan moralitas. Degradasi moral yang terjadi dewasa ini menunjukkan adanya penyalahgunaan kecanggihan teknologi yang semakin berkembang. Selain itu menurunnya moral pelajar ditunjukkan dengan berkurangnya kesopansantunan dalam berbahasa Daerah. Padahal seharusnya adanya pembelajaran Bahasa Daerah dalam muatan kurikulum diharapkan mampu membawa peserta didik menjadi insan yang berkarakter positif. Hal ini mengingat banyaknya materi Bahasa Daerah yang mempelajari tentang tata krama berperilaku yang sesuai dengan karakter budaya bangsa. Sejalan dengan hal tersebut Pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional telah melakukan berbagai usaha dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu bentuk inovasinya adalah dicanangkannya pendidikan karakter melalui berbagai proses pendidikan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan merupakan komponen yang berperan penting dalam membentuk sikap dan perilaku yang akhirnya menjadi watak kepribadian atau karakternya. Sehingga melalui proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah diharapkan akan mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional dalam hal pembentukan karakter. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan megintegrasikan nilai-nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Daerah. Penelitian integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran ini mencakup perencanaan pelaksanaan hingga evaluasi pembelajaran dan kendala yang dihadapi serta upaya untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 01 Pronojiwo kab. Lumajang yang pelaksanaannya pada Januari-Februari 2013. Data hasil penelitian diperoleh dari analisis temuan pada saat observasi di lokasi penelitian dan analisis hasil wawancara dengan guru bidang muatan lokal Bahasa Daerah kelas VII. Serta hasil dokumentasi yang diperoleh selama penelitian. Secara umum analisis data dilakukan secara induktif analisis dimulai dari data kemudian dibawa menuju kesimpulan. Hasil penelitian di kelas VII SMP Negeri 01 Pronojiwo menunjukkan hal sebagai berikut. Pertama integrasi pendidikan karakter dalam perencanaan pembelajaran muatan lokal Bahasa Daerahnya sudah cukup berwawasan pendidikan karakter yang ditunjukkan dalam Silabus dan RPP. Kedua integrasi pendidikan karakter dalam pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Bahasa Daerahnya ditunjukkan disepanjang proses pembelajaran guru mengaplikasikan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) sikap yang ditunjukkan guru cukup memberikan contoh karakter yang positif bagi peserta didik. Selain itu metode pembelajaran yang diterapkan menjadikan sebagian besar peserta didik cukup aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Ketiga integrasi pendidikan karakter dalam evaluasi pembelajaran muatan lokal Bahasa Daerah secara umum di kelas VII SMP Negeri 01 Pronojiwo belum ada evaluasi khusus yang digunakan untuk mengevaluasi perkembangan karakter peserta didik. Keempat kendala yang dihadapi diantaranya mata pelajaran tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan guru dan sebagian kecil peserta didik yang pasif karena berasal dari lingkungan berbahasa Madura. Upaya yang sudah dilakukan pihak sekolah dalam mengatasi kendala-kendala tersebut diantaranya peningkatan kedisiplinan dari berbagai aspek dan sanksi yang tegas untuk setiap pelanggaran. Sedangkan dalam hal pengembangan karakter belum ada kegiatan tertentu yang memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengembangkan karakter melalui pembelajaran Bahasa Daerah. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/410 |
Actions (login required)
View Item |