Peneraoan metode kooperatif: think pair share untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karang Besuki I Malang untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) / Andina Witaning Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peneraoan metode kooperatif: think pair share untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karang Besuki I Malang untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) / Andina Witaning Sari

Sari, Andina Witaning (2010) Peneraoan metode kooperatif: think pair share untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karang Besuki I Malang untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) / Andina Witaning Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas IV SDN Karang Besuki I Malang diketahui bahwa (1) aktifitas siswa dalam mengajukan pertanyaan dan jawaban masih rendah (2) pertanyaan yang diajukan siswa tidak terstrukur (3) penguasaan hasil belajar sebesar 70% atau dibawah ketuntasan (75%). Selain itu kegiatan pembelajaran masih cenderung monoton dan tidak variatif sehingga membuat siswa cenderung bosan dan kurang bersemangat untuk belajar. Hal ini akan membuat kualitas pembelajaran menjadi rendah dan memungkinkan hasil belajar siswa akan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran metode kooperatif Think Pair Share oleh guru dan siswa kemampuan berfikir kritis siswa dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Karang Besuki I Malang dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan metode kooperatif Think Pair Share. Metode kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan metode kooperatif Think Pair Share terbukti dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) sehingga metode kooperatif Think Pair Share dapat dijadikan salah satu metode untuk membuat pembelajaran lebih bervariatif dan tidak monoton pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) dan mata pelajaran yang lain bagi guru hasil penelitian ini dapat menjadi masukan dan bahan pertimbangan untuk perbaikan mutu pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA diharapkan ada penelitian selanjutkan untuk menerapkan metode kooperatif Think Pair Share untuk pokok bahasan yang lain dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) dan mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item View Item