Pengembangan media interaktif untuk pembelajaran sejarah pembentukan bumi kelas X semester 1 di SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2012/2013 / Wahyu Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media interaktif untuk pembelajaran sejarah pembentukan bumi kelas X semester 1 di SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2012/2013 / Wahyu Setiawan

Setiawan, Wahyu (2013) Pengembangan media interaktif untuk pembelajaran sejarah pembentukan bumi kelas X semester 1 di SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2012/2013 / Wahyu Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Geografi. Media interaktif adalah media yang dapat berinteraksi secara langsung dengan pebelajar dan dapat diputar kembali sesuai keinginan pebelajar. Tujuan pengembangan media ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif. Media ini berbasis komputer yang dikemas dalam bentuk kepingan CD. Media ini dapat membantu kegiatan pembelajaran dan mempermudah penyampaian materi pelajaran yang lebih efektif dan efisien serta meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Garum. Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Research and Development (R D) dari Borg and Gall (1989). Dalam sistematika pengembangannya terdapat langkah-langkah yang akan dilakukan guna mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahap-tahap tersebut antara lain (1) Research and Information collecting (2) Planning (3) Develop Preliminary Form Of Product (4) Preliminary Field Testing (5) Main Product Revision (6) Main Field Testing And (7) Final Product revision. Hasil Pengembangan media pembelajaran interaktif ini memenuhi kriteria valid/layak yakni ahli media 95% ahli materi 100% dan hasil uji coba lapangan/klasikal 86 94 %. Sedangkan untuk tes hasil belajar siswa uji coba perorangan diperoleh hasil yaitu 80% untuk tes hasil belajar siswa uji coba kelompok kecil diperoleh hasil yaitu 80% dan untuk tes hasil belajar siswa uji coba lapangan/klasikal diperoleh hasil yaitu 85% berhasil mencapai ketuntasan dalam belajar (mastery learning) dan nilai mencapai SKM (Standar Ketuntasan Minimum) 75. Dengan demikian media pembelajaran interaktif ini bisa dikatakan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi dan tes hasil belajar disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif layak untuk digunakan. Saran yang diajukan yaitu media pembelajaran lebih dikembangkan lagi materi sedikit diperingkas lebih diperbanyak animasi agar lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/409

Actions (login required)

View Item View Item