Pengembangan media pembelajaran jobsheet 3 dimensi mata pelajaran teknik pemesinan bubut dan frais program keahlian teknik pemesinan SMKN 1 Ngasem - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran jobsheet 3 dimensi mata pelajaran teknik pemesinan bubut dan frais program keahlian teknik pemesinan SMKN 1 Ngasem

Julio, Yusron Abilah (2023) Pengembangan media pembelajaran jobsheet 3 dimensi mata pelajaran teknik pemesinan bubut dan frais program keahlian teknik pemesinan SMKN 1 Ngasem. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan di Indonesia era industri 4.0 memiliki pengaruh pada teknologi khususnya untuk pengembangan pembelajaran. Saat peneliti melakukan kegiatan Asistensi Mengajar (AM) pada tahun 2022 matapelajaran teknik pemesinan bubut dan teknik pemesinan frais kelas XII teknik pemesinan (TPM) di SMKN 1 Ngasem Kediri menemukan permasalahan bahwa siswa masih belum terlalu paham untuk pembacaan jobsheet. Diperlukan pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif untuk membantu siswa memahami teknik pemesinan dengan baik khususnya untuk jobsheet matapelajaran teknik pemesinan bubut dan teknik pemesinan frais. Berdasarkan permasalah yang ada tujuan dari penelitian ini yakni: (1) mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran jobsheet 3 dimensi, (2) menghasilkan produk, (3) untuk mengetahui bagaimana efektivitas kelayakan produk pengembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan adalah menggunakan metode ADDIE dengan menghasilkan data kuantitatif dan kualitatif. Alasan menggunakan model ADDIE dikarenakan tahapan-tahapan pengembangan bahan ajar jobsheet sederhana, namun lengkap sehingga mudah dipahami serta sesuai dengan topik permasalahan yang diteliti. Model ADDIE memiliki 5 tahapan yakni Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan) dan Evaluation (Evaluasi umpan balik). Media pembelajaran jobsheet 3 dimensi yang dikembangkan mendapatkan skor validasi dari ahli media sebesar 96.4% dan ahli materi sebesar 97.6%, media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan respon baik oleh siswa mendapatkan skor uji coba terbatas sebesar 94.7% dan uji coba luas sebesar 87.8%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:44
Last Modified: 27 Jul 2023 02:44
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4077

Actions (login required)

View Item View Item