Efektivitas pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Blitar / Mei Fitri Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Blitar / Mei Fitri Handayani

Mei Fitri (2011) Efektivitas pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Blitar / Mei Fitri Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Think pair share kemampuan berpikir kritis hasil belajar. Model pembelajaran Think-Pair-Share merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif sederhana. Teknik ini memberi kesempatan pada siswa untuk berfikir sendiri serta saling membantu sama lain. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran ekonomi (2)Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share pada mata pelajaran ekonomi (3)Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran ekonomi (4) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share pada mata pelajaran ekonomi (5) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis yang menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share apakah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (6) Untuk mengetahui hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share apakah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hipotesis penelitian yaitu Kemampuan berpikir kritis dan Hasil belajar siswa lebih baik di ajar menggunakan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share dari pada metode konvensional dalam mata pelajaran ekonomi. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Blitar yang berjumlah 219 siswa. Jumlah sampel yang digunakan yaitu kelas X.1 dan X.5 sebanyak 62 orang. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan nilai rata-rata dan uji-t. Kesimpulan hasil penelitian (1) Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran konvensional diperoleh dengan rata-rata sebesar 1 61667 apabila dikonversikan maka nilai rata-rata kelompok kontrol yaitu dengan kriteria kurang (2) Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran kooperatif model think pair share diperoleh dengan rata-rata sebesar 3 1197 apabila dikonversikan maka nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu dengan kriteria baik (3) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi pada materi pokok permintaan dan penawaran yang menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh peningkatan hasil belajar dilihat dari nilai rata-rata pre tes sebesar 41 1667 dan nilai rata-rata pos test sebesar 64 333. Jika dikonversikan maka nilai rata-rata pre test dengan kriteria kurang dan nilai rata-rata post test dengan kriteria cukup (4) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi pada materi pokok permintaan dan penawaran yang menggunakan model Think-Pair-Share diperoleh peningkatan hasil belajar dilihat dari nilai rata-rata pre tes sebesar 39 37dan nilai rata-rata pos test sebesar 87 34. Jika dikonversikan maka nilai rata-rata pre test dengan kriteria sangat kurang dan nilai rata-rata post test dengan kriteria sangat baik (5) Dengan melihat nilai rata-rata kedua kelas yaitu kelas eksperimen sebesar 3 1197 dan konvensional sebesar 1 61667 maka kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif model think pair share lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (6) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair -Share lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekonomi yang tidak diberikan model pembelajaran Think-Pair-Share atau menggunakan metode konvensional . Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan dengan uji t diperoleh 5 265. Sedangkan dengan dk 60 dan taraf nyata 945 0 05 didapat nilai 2 000. Karena sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Berdasarkan hasil observasi sikap siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dimana pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 3 968 sedang kelas kontrol sebesar 2 467 maka dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen memiliki kemampuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40520

Actions (login required)

View Item View Item