Penerapan model Problem Based Learning-Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil; belajar geografi pokok bahasan sumber vdaya alam pada sisw2a kelas XI IPS SMA Taman Siswa Malang / Della Dinni slami Z. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Problem Based Learning-Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil; belajar geografi pokok bahasan sumber vdaya alam pada sisw2a kelas XI IPS SMA Taman Siswa Malang / Della Dinni slami Z.

Islami Z., Della Dinni (2013) Penerapan model Problem Based Learning-Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil; belajar geografi pokok bahasan sumber vdaya alam pada sisw2a kelas XI IPS SMA Taman Siswa Malang / Della Dinni slami Z. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Problem Based Learning-Snowball Throwing dan hasil belajar Hasil observasi dalam pembelajaran geografi di Kelas XI IPS SMA Taman siswa Malang. Guru masih menggunakan metode konvensional yang kegiatannya cenderung menempatkan peserta didik sebagai penerima informasi dan guru sebagai pemberi informasi. Metode pembelajaran tersebut dapat meminimalkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar. Atas dasar tersebut peneliti mencoba menerapkan model Problem Based Learning-Snowball Throwing untuk memberikan kesempatan siswa untuk aktif dalam pembelajaran sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) pelaksanaan model problem based learning-snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Taman Siswa Malang dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Taman Siswa Malang. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan MC.Taggart dengan pendekatan penelitiannya adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX IPS SMA Taman Siswa Malang. Tahap dalam penelitian ini (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Pengamatan dan (4) Refleksi di setiap siklusnya. Instrumen penelitian ini berupa (1) soal-soal tes (2) pedoman observasi dan (3) pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar terbukti pada siklus 1 persentase ketuntasan kelas mencapai 70 96% dan perj sentase meningkat 96 77 % pada siklus 2. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah penggunaan model problem based learning-snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IPS SMA Taman Siswa Malang pokok bahasan sumber daya alam. Saran yang dapat diberikan dari peneliti ini adalah 1) Guru harus memperhatikan tujuan pembelajaran untuk menyesuaikan dengan model pembelajaran dan memperhatikan waktu sebelum menerapkannya 2) Perlu adanya kepercayaan dan penghargaan guru kepada siswa untuk melaksanakan kegiatan diskusi dengan baik serta mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item