Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA negeri 1 Tanjunganom Nganjuk / Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA negeri 1 Tanjunganom Nganjuk / Setyowati

UNSPECIFIED (2010) Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA negeri 1 Tanjunganom Nganjuk / Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyowati. 2010. Pengaruh Motivasi Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Lisa Rokhmani MS.i (II) Dr. Imam Mukhlis SE MS.i Kata kunci Motivasi Kebiasaan Belajar Prestasi Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang baik dalam keluarga sekolah dan masyarakat. Keberhasilan belajar seorang siswa dalam menguasai pelajaran di sekolah tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut bisa dari dalam diri maupun diluar siswa. Faktor dari dalam diri siswa diantaranya motivasi dan kebiasaan belajar. Motivasi belajar sangat berperan dalam rangka pencapaian tujuan belajar. Tanpa adanya motivasi dari dalam siswa untuk belajar sungguh-sungguh maka siswa tidak akan dapat mencapai tujuan belajar. Tujuan tersebut yaitu pencapaian prestasi yang maksimal. Seperti halnya kebiasaan belajar dengan memiliki cara belajar yang baik maka tercapai prestasi belajar yang diharapkan. Cara belajar yang baik adalah suatu kecakapan yang dapat dimiliki oleh setiap siswa dengan jalan latihan dalam berbuat dan bertindak yang dilakukan secara terus-menerus atau berulang-ulang melalui proses belajar mengajar yang bersifat tetap. Dengan memiliki kebiasaan belajar yang baik maka setiap usaha belajar akan memberikan hasil yang memuaskan. Berdasarkan rumusan masalah yang ada maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi belajar kebiasaan belajar dan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk. Serta menganalisis secara parsial dan simultan pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Populasinya adalah siswa kelas XI IPS I XI IPS II XI IPS III dengan mengambil sampel penelitian sebanyak 54 siswa. Dalam penelitian ini pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskritif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis statistik deskritif diperoleh hasil penelitian sebagai berikut (a) Motivasi belajar tinggi dengan persentase 50% (b) Kebiasaan belajar sedang dengan persentase 59 2% (c) Prestasi belajar cukup dengan persentase 63%. Dari hasil analisis statistik inferensial diperoleh hasil sebagai berikut (a) Secara parsial motivasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar pada pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk hal ini terbukti thitung sebesar 2 599 ttabel sebesar 2 007 dan signifikansi t (sig 0 12 0 05) (b) Secara parsial kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk hal ini terbukti thitung sebesar 7 754 ttabel sebesar 2 007 dan signifikansi t (sig 0 00 0 05) (c) Secara simultan antara motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk hal ini terbukti Fhitung sebesar 34 787 Ftabel sebesar 2 5572 dan signifikansi f (sig 0 000 0 05). Dari hasil penelitian ini penulis dapat memberikan saran Siswa sebaiknya membiasakan belajar dengan mempertahankan motivasinya sehingga mendapatkan prestasi yang maksimal. Guru sebaiknya mengarahkan siswa membiasakan belajar agar mendapatkan prestasi yang maksimal dengan mempertahankan motivasinya seperti mengarahkan siswa belajar dengan tekun dan teratur yang akhirnya menjadi suatu kebiasaan belajar yang baik. Orang tua sebaiknya memotivasi dan memperhatikan putra-putri untuk membiasakan belajar agar mendapatkan prestasi yang maksimal. Peneliti yang akan datang peneliti diharapkan apabila menggunakan variabel yang sama dalam penelitiannya disarankan agar mengambil jumlah sampel yang lebih besar sehingga hasil penelitian tersebut bisa bermanfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40397

Actions (login required)

View Item View Item