Pengaruh pengguna metode pembelajaran kooperatif ( Think pair share ) terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VII di SMP negeri 2 Lawang / Indama Maria Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengguna metode pembelajaran kooperatif ( Think pair share ) terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VII di SMP negeri 2 Lawang / Indama Maria Ulfa

Indama Maria (2010) Pengaruh pengguna metode pembelajaran kooperatif ( Think pair share ) terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VII di SMP negeri 2 Lawang / Indama Maria Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulfa Indama Maria . 2010. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif (Think Pair Share) Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Lawang. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec Kata Kunci metode pembelajaran kooperatif (Think Pair Share) hasil belajar siswa Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju dan pesat sehingga membawa pengaruh yang besar terhadap semua sisi kehidupan salah satunya dalam bidang pendidikan. Dalam hal ini guna mengembangkan kemampuan dan membentuk watak dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan adanya pembaharuan dalam bidang pendidikan yang meliputi pembaharuan kurikulum peningkatan kualitas pembelajaran efektivitas metode pembelajaran. Saat ini pembelajaran inovatif yang mampu membawa perubahan belajar bagi siswa telah menjadi sesuatu yang wajib bagi guru. Pembelajaran lama telah usang karena dipandang hanya berkutat pada metode ceramah. Siswa sangat tidak nyaman dengan metode ceramah. Sehingga yang aktif hanya gurunya saja. Untuk membelajarkan siswa agar siswa tersebut cakap kreatif dan mandiri sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif. Dalam memilih model pembelajaran yang tepat haruslah memperhatikan kondisi siswa sifat materi bahan ajar fasilitas serta media yang tersedia dan kondisi guru itu sendiri. Mengacu pada hal di atas maka muncullah permasalahan apakah ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif (Think Pair Share) terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Lawang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) sebab penelitian ini menggunakan dua kelompok satu kelompok sebagai kelas eksperimen dan satu kelompok sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas yang dalam proses pembelajaran menggunakan metode TPS (Think Pair Share) sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang dalam proses pembelajarannya menggunakan metode ceramah. Dengan satu variabel bebas yaitu metode pembelajaran kooperatif (Think Pair Share) serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 2 Lawang sedangkan rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design dengan pre tes dan pos tes serta pemilihan kelompok sampel yang dilakukan dengan dipilih 2 kelas dengan teknik Purposive Sampling (sampel bertujuan). Dimana dalam penelitian ini yang dijadikan sampel adalah kelas VIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIE sebagai kelas kontrol. Jumlah sampel setiap kelas terdiri dari 31 siswa. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa secara simultan metode pembelajaran kooperatif (Think Pair Share) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata nilai kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan pada saat pre tes yaitu 46 77 sedangkan rata-rata kelas kontrol sebelum diberi perlakuan pada saat pre tes yaitu 46 65. Namun rata-rata nilai kelas eksperimen setelah diberi perlakuan pada saat pos tes yaitu 85 42 sedangkan rata-rata kelas kontrol setelah diberi perlakuan pada saat post tes yaitu 79 48. Dari pos tes tersebut dapat di lihat bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Standar Ketuntasan Minimal (SKM) di SMPN 2 Lawang untuk mata pelajaran IPS Terpadu adalah 75. Dari hasil pre tes untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol semua siswa tidak tuntas. Pada saat pos tes diperoleh data kelas eksperimen 100% tuntas sedangkan kelas kontrol 7 siswa tidak tuntas. Dari hasil analisis yakni nilai signifikansi 0 000 (kurang dari 0 05) mempunyai koefisien korelasi 0 591 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga analisis tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMPN 2 Lawang. Sedangkan dari hasil analisis perbedaan yakni nilai probabilitas (Sig) 0 001 0 05 jadi Ho ditolak dan Ha diterima pada 945 5%. Sehingga analisis tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMP Negeri 2 Lawang. Pembelajaran Hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Kooperatif Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan perlakuan antara siswa kelas eksperimen yang diajar dengan Think Pair Share dan siswa kelas control yang diajar dengan metode konvensional. Dari hasil pengamatan dikelas yang diajar metode kooperatif Think Pair Share dapat memberdayakan kemampuan berpikir siswa melibatkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dijarkan. Dari serangkaian analisis di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMPN 2 Lawang. Sehingga disarankan bagi pihak sekolah Bagi pihak pengelola SMP Negeri 2 Lawang perlu kiranya penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam upaya meningkatkan keterampilan mengajar guru yang dapat mendukung hasil belajar siswa guru dapat menerapkan metode Think Pair Share pada kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya dengan memilih metode belajar yang menjadikan siswa lebih aktif dan siswa perlu memperkaya ilmu dan pengetahuan melalui berbagai sumber belajar lain selain guru untuk mendukung kegiatan belajar di dalam kelas pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share perlu diterapkan dan dikembangkan pada materi yang lain sehingga dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40395

Actions (login required)

View Item View Item