Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X MAN 1 Jombang / Verawati Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X MAN 1 Jombang / Verawati Azizah

Verawati (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X MAN 1 Jombang / Verawati Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah Verawati. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jombang. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sapir S. Sos. M. Si (II) Drs. Prih Hardinto M. Si. Kata Kunci NHT Motivasi Hasil Belajar Pendidikan mempunyai peranan penting untuk membangun dan menciptakan manusia Indonesia seutuhnya baik mental maupun spiritual. Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia sangat dibutuhkan upaya pembaharuan pendidikan antara lain dengan melakukan peningkatan kualitas perubahan kurikulum dan efektifitas metode pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan unsur pendukung tercapainya suatu tujuan yang telah ditetapkan dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran kooperatif adalah salah satu metode pembelajaran yang bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan bekerjasama kreatif berpikir kritis dan ada kemampuan untuk membantu teman sehingga pembelajaran yang bermakna mampu dirasakan oleh siswa sehingga hasil yang diinginkan dapat tercapai. Di MAN 1 Jombang metode yang digunakan tidak terlepas dari ceramah hal ini menyebabkan permasalahan baik bagi guru maupun siswa karena hasil belajar kurang optimal. Untuk mengatasi permasalahan ini maka dipilih metode NHT dengan metode NHT siswa dituntut aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. Dengan metode ini diharapkan hasil belajar dapat meningkat dan lebih bermakna bagi siswa serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) apakah penerapan metode NHT dapat meningkatkan motivasi belajar (2) dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-C MAN 1 Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode NHT dapat meningkatkan motivasi belajar (2) dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-C MAN 1 jombang. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran ekonomi dengan metode NHT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa siswa yang i termotivasi dalam belajar menunjukkan ketekunan minat dan perhatian dalam belajar. Peningkatan motivasi belajar diikuti juga dengan peningkatan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan bagi guru hendanya menerapkan metode NHT sebagi alternatif pembelajaran di kelas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain yang tertarik untuk memperbaiki atau melanjutkan penelitian ini disarankan agar mempunyai persiapan yang baik dan hendaknya melakukan lebih dari dua siklus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40344

Actions (login required)

View Item View Item