Uhe, Yosefa Barek (2019) Pengaruh kondisi ekonomi orangtua, pendidikan ekonomi dalam keluarga, dan hasil belajar pengantar ekonomi dan bisnis terhadap perilaku konsumsi siswa Kelas XI SMK PGRI Turen / Yosefa Barek Uhe. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Uhe Yosefa Barek. 2018. Pengaruh Kondisi Ekonomi Orangtua Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga dan Hasil Belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI SMK PGRI Turen. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W. S.E. M.P. Ak. Kata Kunci Kondisi Ekonomi Orangtua Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga Hasil Belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis. Perilaku konsumsi mengalami peningkatan yang cukup berarti dimana kebutuhan manusia semakin berkembang sehingga kebutuhan yang harus dipenuhi juga semakin bertambah. Bahkan di kalangan remaja masalah perilaku konsumsi yang tidak rasional semakin terjadi karena jumlah keinginan lebih banyak dari kebutuhan pokok. Perilaku konsumsi di kalangan remaja seperti siswa di SMA atau SMK sangat di pengaruhi oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Keluarga dan sekolah merupakan faktor eksternal yang cukup mempengaruhi perilaku konsumsi. Sedangkan salah satu faktor internal yang juga dapat mempengaruhi perilaku konsumsi seorang siswa adalah proses belajar yang di dapat di sekolah yang dapat dilihat hasilnya melalui hasil belajar yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Pengaruh kondisi ekonomi orangtua terhada perilaku konsumsi siswa kelas XI SMK PGRI Turen (2) Pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI SMK PGRI Turen (3) Pengaruh hasil belajar pengantar ekonomi dan bisnis terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI SMK PGRRI Turen (4) Pengaruh kondisi ekonomi orangtua pendidikan ekonomi dalam keluarga dan hasil belajar pengantar ekonomi dan bisnis terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI SMK PGRI Turen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PGRI Turen yang berjumlah 87 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel populasi sehinggah jumlah sampelnya 87 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data penelitian dianalisis menggunakan program aplikasi SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari kondisi ekonomi orangtua terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI SMK PGRI Turen dengan koefisien hasil analisis regresi linier berganda sebesar 0 337 terdapat pengaruh dari pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI SMK PGRI Turen dengan koefisien hasil analisis regresi linier berganda sebesar 0 126 serta terdapat pengaruh dari hasil belajar pengantar ekonomi dan bisnis terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI SMK PGRI Turen. Dari ketiga faktor tersebut pendidikan ekonomi dalam keluarga memberikan lebih besar pengaruh terhadap perilaku konsumsi siswa. Oleh karena itu sangat disarankan untuk pihak keluarga yaitu orangtua harus selalu menanamkan sifat dan perilaku konsumsi yang baik melaui pembiasaan keteladan dan penjelasan sejak dini. Kemudian pihak pendidik juga khususnya guru mata pelajaran ekonomi agar selalu meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengarahkan siswa agar selalu berperilaku konsumsi yang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/40022 |
Actions (login required)
View Item |