Putra, Adam Purnama (2018) Pengaruh kemandirian belajar siswa dan efikasi diri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun 2017/2018 / Adam Purnama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Putra Adam Purnama. 2018. Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Agung Haryono S.E . M.P . Ak. Kata Kunci Kemandirian Belajar Siswa Efikasi Diri Hasil Belajar. . Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada bulan april tahun 2018 di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen ditemukan beberapa masalah kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi khusus pada kelas X bahwa sebagian siswa mengalami kesulitan belajar karena kurangnya keinginan untuk belajar dan rendahnya keyakinan siswa dalam proses belajar mengajar. pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian ini adalah ekplanasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif kemudian dilanjutkan dengan uji asumsi klasik kemudian analisis regresi berganda dan terakhir uji hipotesis. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan proportional random sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa yang tersebar dalam 5 kelas yakni X APK 1 X APK 2 X KU X PBS dan X PSPT SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah obsevasi angket/kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel efikasi diri terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Secara simultan variabel bebas yang terdiri dari kemandirian belajar siswa dan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Untuk Pihak sekolah SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen harus lebih memperhatikan maslah siswayang memiliki tingkat efikasi diri rendah pihak sekolah seharusnya memberikan bimbingan agar siswa yang memiliki efikasi diri yang rendah dapat percaya diri dengan kemampuan. Selain itu guru juga harus menerapkan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa agar siswa tidak merasa tertekan dengan tugas yang diberikan pada mata pelajaran ekonomi. Pemberian tugas dikelas dengan dibuat sedemikian rupa yang mampu menunjukkan kepercayaan diri siswa merupakan slah satu cara yang dapat dilakukan guru dalam mengembangkan efikasi diri siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Dec 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/40020 |
Actions (login required)
View Item |