Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang / Elsa Nanda Nuraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang / Elsa Nanda Nuraini

Nuraini, Elsa Nanda (2018) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang / Elsa Nanda Nuraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuraini Elsa Nanda. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Kemampuan Berpikir Kritis Keaktifan Belajar. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tumpang pada kelas X IPS 2 diketahui bahwa guru masih menggunakan model ceramah di kelas dan diketahui juga bahwa kondisi kelas cenderung tidak aktif dan kurang bersemangat. Hal ini ditunjukkan dengan pasifnya siswa dalam bertanya maupun mengemukakan pendapat selama pembelajaran berlangsung. Hal ini yang menjadi permasalahan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Salah satu cara untuk menciptakan pembelajaran yang kondusif adalah dengan memilih model pembelajaran yang tepat. Maka dari itu diperlukan suatu pembelajaran yang tepat menarik dan menyenangkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pembelajaran tersebut yaitu model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) yang diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih aktif dalam belajarnya dan dapat membantu siswa berpikir secara kritis dalam menyelesaikan suatu persoalan. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 2 semester genap tahun ajaran 2017/2018 SMA Negeri 1 Tumpang (2) untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 2 semester genap tahun ajaran 2017/2018 SMA Negeri 1 Tumpang (3) untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 2 semester genap tahun ajaran 2017/2018 SMA Negeri 1 Tumpang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan tahun ajaran 2017/2018. Data yang digunakan adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dari telaan rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar observasi kegiatan guru lembar observasi kemampuan berpikir kritis lembar keaktifan belajar dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS 2. Hal ini ditunjukkan dengan persentase hasil kemampuan berpikir kritis siswa siklus I sebesar (72 73%) kemudian pada siklus II persentase meningkat menjadi (82 08%) sedangkan ketuntasan persentase nilai rata-rata keaktifan belajar pada siklus I sebesar (72 73%) meningkat pada siklus II menjadi (85 29%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang. Saran untuk guru mata pelajaran Ekonomi bahwa model pembelajaran ini dapat dijadikan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40019

Actions (login required)

View Item View Item