Pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga, kelompok temans sebaya, dan literasi ekonomi terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS SMAN 1 Turen tahun pelajaran 2017/2018 / Shallahudin al Ayubi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga, kelompok temans sebaya, dan literasi ekonomi terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS SMAN 1 Turen tahun pelajaran 2017/2018 / Shallahudin al Ayubi

Al Ayubi, Shallahudin (2018) Pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga, kelompok temans sebaya, dan literasi ekonomi terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS SMAN 1 Turen tahun pelajaran 2017/2018 / Shallahudin al Ayubi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Al Ayubi Shallahudin Al. 2018. Pengaruh Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga Kelompok Teman Sebaya dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Menabung Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W. S. E. M. P. Ak. Kata Kunci Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga Kelompok Teman Sebaya Literasi Ekonomi Perilaku Menabung. Perilaku menabung merupakan suatu kegiatan yang secara sadar dilakukan siswa dengan cara menyisihkan sebagian uangnya untuk disimpan baik di lembaga keuangan maupun tidak. Pendidikan ekonomi dalam keluarga menjadi salah satu faktor penentu pembentukan perilaku menabung siswa. Kelompok teman sebaya berperan penting dan memiliki pengaruh yang besar terhadap perilaku menabung siswa. Literasi ekonomi yang dimiliki siswa berperan penting dalam menentukan perilaku menabung siswa dengan menjadikannya acuan dalam mengambil keputusan secara ekonomi. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain (1) Apakah terdapat pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen tahun ajaran 2017/2018 (2) Apakah terdapat pengaruh kelompok teman sebaya terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen tahun ajaran 2017/2018 (3) Apakah terdapat pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen tahun ajaran 2017/2018 (4) Faktor manakah yang memiliki pengaruh dominan terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen tahun ajaran 2017/2018 Variabel independen dalam penelitian ini adalah pendidikan ekonomi dalam keluarga kelompok teman sebaya dan literasi ekonomi. Sedangkan perilaku menabung sebagai variabel dependen. Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitiankuantitatifdenganmenggunakananalisisregresi linier bergandadenganbantuan program SPSS 24 for Windows. Populasidaripenelitianini berjumlah 127 siswa.Pengambilansampelmenggunakanteknikproportional random samplingdanditemukansampel berjumlah 96 siswa.Teknikpengumpulan data melaluiangketdantes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen yaitu pendidikan ekonomi dalam keluarga kelompok teman sebaya dan literasi ekonomi berpengaruh positif terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS SMAN 1 Turen tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sumbangan efektif pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap perilaku menabung siswa sebesar 34 834% kelompok teman sebaya terhadap perilaku menabung siswa sebesar 40 194% literasi ekonomi terhadap perilaku menabung siswa sebesar 9 342% serta sisanya sebesar 15 63% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. v Saran dalam penelitian ini yaitu bagi guru senantiasa mengupayakan untuk menumbuhkembangkan perilaku menabun yang sebenarnya sudah ada dalam diri siswa guru sebaiknya memberikan motivasi kepada siswa guna menabung dan lebih menyadarkan akan pentingnya perilaku menabung sehingga siswa merasa tertarik dan merasa senang untuk menabung. Bagi sekolah sebaiknya terus berusaha menumbuhkan maupun meningkatkan perilaku menabung siswa. Hal itu dapat dilakukan melalui pembelajaran ekonomi serta memberikan penyuluhan kepada orang tua dan disekolah akan pentingnya perilaku menabung. Jika ingin melakukan penelitian yang identik dengan penelitian ini diharapkan peneliti memilih variabel baru untuk mengetahui pengaruhnya terhadap perilaku menabung siswa dan memberikan gambaran kontribusi yang lebih dari variabel-variabel yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40015

Actions (login required)

View Item View Item