Lutfi, Mokh. (2018) Pengaruh persepsi siswa mengenai Self Efficacy (Efikasi Diri) dan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Pasuruan / Mokh. Lutfi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Mokh. Lutfi. 2017. Pengaruh Persepsi Siswa mengenai Self Efficacy (Efikasi Diri) dan Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Pasuruan. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. PrihHardinto M.Si. Kata Kunci Self Efficacy (Efikasi Diri) Fasilitas Belajar di Rumah Hasil Belajar. Self Efficacy (Efikasi Diri) adalah keyakinan yang terdapat dalam diri siswa yang mampu mendorong siswa untuk mendapat hasil belajar yang lebih baik ditunjukkan dengan aktif memilih peluang terbaik mampu mengelola situasi menghindari atau menetralisir hambatan menetapkan tujuan menetapkan standart membuat rencana persiapan dan praktek bekerja keras kreatif dalam memecahkan masalah belajar dari kegagalan memvisualisasikan keberhasilan membatasi stress. Berdasar hasil diskusi dengan siswa kelas XI IPS di SMA NEGERI 3 Pasuruan Siswa berpendapat kepercayaan diri berpengaruh sangat besar terhadap hasil belajar. Hal tersebut dalam dunia pendidikan disebut efikasi diri karena kepercayaan terhadap kemampuan sendiri merupakan salah satu faktor yang memepengaruhi hasil belajar. Fasilitas belajar di rumah adalah sarana dan prasarana penunjang yang tersedia dirumah untuk membantu siswa dalam belajar seperti tersedianya tempat belajar kelengkapan alat tulis tersedianya koneksi internet tersedianya buku pelajaran. Berdasar hasil diskusi dengan siswa kelas XI IPS di SMA NEGERI 3 Pasuruan Siswa juga berpendapat bahwa fasilitas merupakan faktor penting yang membantu mereka untuk mendapat hasil belajar yang maksimal. Fasilitas yang sering kurang diperhatikan adalah ketersediaan fasilitas di rumah karena orang tua kurang memperhatikan ketersediaan fasilitas belajar di rumah. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku siswa baik kognitif afektif maupun psikomotorik setelah melakukan proses belajar mengajar dalam penelitian ini hasil belajar didapat dari nilai kognitif ulangan harian siswa kelas XI IPS. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada bulan Maret tahun 2017 di SMA Negeri 3 Pasuruan ditemukan beberapa pendapat siswa mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar Ekonomi. Menurut pendapat siswa salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar Ekonomi adalah persepsi siswa yang menganggap pelajaran Ekonomi sulit serta ketersediaan fasilitas belajar di rumah. Sehingga dua faktor tersebut menjadi kesulitan siswa dalam mempelajari mata pelajaran Ekonomi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekataan kuantitatif Jenis penelitian ini adalah eklpanasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif kemudian dilanjutkan dengan uji asumsi klasik kemudian analisis regresi berganda dan terakhir uji hipotesis. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan proportional random sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa yang tersebar dalam 4 kelas yakni XI IPS 1 XI IPS 2 XI IPS 3 dan XIIPS 4 SMA Negeri 3 Pasuruan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/ kuesioner dan dokumentasi. ii Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel efikasi diri terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Pasuruan. Secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Pasuruan. Secara simultan variabel bebas yang terdiri dari efikasi diri dan fasilitas belajar di rumah berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Pasuruan. Untuk Guru Ekonomi pada jenjang Sekolah Menengah Atas yang ingin meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi guru hendaknya mendorong siswa untuk percaya diri dengan kemampuan dirinya. Selain itu guru juga juga harus menerapkan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa agar siswa tidak merasa tertekan dan menjadikan pelajaran Ekonomi lebih menyenangkan. Dalam mencapai hasil belajar yang maksimal peran orang tua adalah membantu anaknya dalam hal kelengkapan fasilitas belajarnya di rumah keseluruhan hal tersebut dapat dilakukan jika terdapat persamaan latar belakang masalah sebagaimana pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/40005 |
Actions (login required)
View Item |