Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments untuk meningkatkan keaktifan, motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pada pokok bahasan bilangan bulat semester 1 untuk siswa kelas VII SMPN 1 Kunjang Kabupaten Kediri Tahun Ajaran - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments untuk meningkatkan keaktifan, motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pada pokok bahasan bilangan bulat semester 1 untuk siswa kelas VII SMPN 1 Kunjang Kabupaten Kediri Tahun Ajaran

Febrianti, Nyi Denisa Valentina (2013) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments untuk meningkatkan keaktifan, motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pada pokok bahasan bilangan bulat semester 1 untuk siswa kelas VII SMPN 1 Kunjang Kabupaten Kediri Tahun Ajaran. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Teams Games Tournamen keaktifan dan motivasi serta hasil belajar Pengalaman belajar bagi siswa merupakan salah satu tugas guru sebagai fasilitator yang bertugas menyediakan lingkungan belajar bagi siswa. Ketidak sesuaian metode yang dipilih oleh guru dalam pembelajaran akan berdampak pada prestasi belajar siswa hal ini terjadi di sekolah-sekolah salah satunya adalah sekolah yang saya ketahui SMPN 1 KUNJANG. Penelitian ini dilaksanakan dengan rumusan tujuan Bagaimanakah penerapan pembelajaran cooperative learning tipe TGT (Teams Games Tournaments) untuk meningkatkan Keaktifan Motivasi dan Hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Kunjang Kediri pada pelajaran matematika terutama pada pokok bahasan Bilangan Bulat tahun pelajaran 2012/2013 Pembelajaran koorperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) adalah pembelajaran koorperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok yang beranggotakan 4 sampai 5 orang yang memiliki kemampuan heterogen dan dalam pelaksanaanya terdapat tahap-tahap antara lain (a) penyajian kelas (class presentations) (b) belajar kelompok ( team study) (c) turnamen (tuornaments) (d) penghargaan kelompok (teams recognition). Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif pengumpilan data dilakukan dengan teknik tes observasi dan dokumentasi. Nilai rata-rata hasil tes evaluasi juga terlihat meningkat dari yang semula 54 5 pada siklus II meningkat menjadi 72 9 persentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah 33 3% terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 87 5%. Dalam tindakan siklus II peneliti mengambil kesimpulan bahwa proses pembelajaran kooperatif model TGT berjalan dengan baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan Dengan adanya motivasi yang dilakukan oleh guru ketika pemebelajaran seperti membacakan tujuan pemebelajaran yang menarik minat siswa dalam mengikuti pelajaran akan membuat siswa lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran Dengan adanya interaksi anatar guru dan siswa seperti Tanya jawab saat memberikan materi akan membuat siswa menjadi termotivasi untuk merespon guru ketika guru menjelaskan materi. Dengan adanya control guru ketika pembagian kelompok diskusi akan membuat siswa tidak ramai berebut anggota kelompok dan tidak membuat gaduh dalam kelas. Dengan adanya control guru ketika kegiatan diskusi sehingga membuat siswa lebih aktif dalam berdiskusi Pada saat diskusi kelompok. Dengan pengorganisasian waktu membuat dalam pertandingan membuat siswa lebih termotivasi dalam menyelesaikan persoalan dan lebih aktif dalam menjawab pertanyaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/400

Actions (login required)

View Item View Item