Pengembangan modul sosiologi untuk siswa sekolah menengah umum kelas II catur wulan 1 sub pokok bahasan interaksi sosial <BR>oleh Afni Febri Maulany - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul sosiologi untuk siswa sekolah menengah umum kelas II catur wulan 1 sub pokok bahasan interaksi sosial <BR>oleh Afni Febri Maulany

Maulany, Afni Febri (2001) Pengembangan modul sosiologi untuk siswa sekolah menengah umum kelas II catur wulan 1 sub pokok bahasan interaksi sosial <BR>oleh Afni Febri Maulany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sahertian (1987) mengaCakan penelitian yang menghasi-lkan kesimpulan bahwa pembelajaran yang te. jadi di Indonesia memiliki kecenderungan pada pembelajaran tradisional. Pembelajaran tradisiona] yang berciri guru sebagai sumber belajar tunggal dalam kelas minimnya kesempatan bagi guru untuk membantu siswa secara individual guru yang cenderung menyamaratakan kemampuan sisw3 penilaj-an dilakukan dengan memberi angka dan minj.mnya kesempatan untuk belajar sepanjang hayat. Untuk memperbaiki kondisi tersebut maka perlu dlterapkan prinsip umum dengan mengoptimalkan pemanfaatan medla pembelajaran sehingga pengafaman belajar yang diperolehnya menjadi jelas dan nyata. Dalam membel. jarkan Sosiologi perlu dikembangkan media pembelajaran yang dapat memberlkan beberapa alternatif kegiatan sesuai dengan karakteristik si-swa agar dapat memberikan kesan mendal-am. Media pembelajaran yang dikembangkan adalah nodul pembelajaran Sosiologi untuk siswa Sekolah Menengah Umum kelas II catur wul-an 1. Pengembanqan Modul pembelajaran Sosiologi ini dilaksanakan dengan validasi isi oleh a h l i media pembelajaran dan ahli matapelajaran Sosiologi-. Sedangkan vafidasi empiris oleh siswa Sekolah Mene rgah Umum Laboratorium Universitas Negerj- Ma1ang kelas I I calur wu an 1 sebanyak 32 orang. Prosedur pengembangan modul pembelajaran Sosrologi m c l a l r r i t a h a o - t a h n s a l r n i h o r i k r r t (1) i d e n t i f i k a s i tujuan pembelajaran (2) analisis tujuan pembelaja an (3) identifikasi tingkah laku masukan dan karakterlstik siswa (4) rumusan TPK (5) menyusun butir evaiuasr merancang media belajar dal-am modul dan menyusun s- -rategi pembelajaran (6) produksi modul dengan menyusun bagian I II dan fII (7) melakukan ujicoba lapangan dan konsultasi ahti media ahli matapelajaran Sosiologl dan 1 q r o r r i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2001 04:29
Last Modified: 09 Sep 2001 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4

Actions (login required)

View Item View Item