Adawiyah, Nur Robiatul (2018) Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi bisnis siswa kelas X Pemasaran 2 SMK Islam Batu semester genap tahun ajaran 2017/2018 / Nur Robiatul Adawiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
si RINGKASAN Adawiyah Nur Robiatul. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis (PBL) Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pemasaran 2 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Islam Batu . Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sapir.S.sos. MSi. Kata Kunci Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Lesson Study Hasil Belajar Kurikulum 2013 bertujuan untuk mendorong siswa agar mampu mandiri dan berfikir kritis bertanya menalar dan mengkomunikasikan apa yang mereka peroleh setelah menerima materi pembelajaran sehingga siswa lebih mudah mengingat pelajaran ketika siswa mengalami langsung apa yang telah dipelajari. Pendekatan yang digunakan pada kurikulum 2013 adalah student center yaitu setiap siswa dituntut untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Lesson Study dapat membantu siswa berfikir kritis tentang materi yang dihubungkan dengan kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan kualitatif. Bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X Pemasaran 2 SMK Islam Batu. Pelaksanaan dilakukan dalam 2 siklus masing - masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Pemasaran 2 SMK Islam Batu dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki - laki dan 18 siswa perempuan tahun ajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa keberhasilan keterlaksanaan model pembelajaran dan hasil belajar siswa dari ranah kognitif setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Lesson Study. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi test catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Lesson Study pada kelas X Pemasaran 2 telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat diketahui dari siklus I (70%) siklus II (87%) mengalami peningkatan serta keterlaksaan model pembelajaran ini juga meningkat dari siklus I (95%) siklus II (100%). Dengan demikian dapat disimpulkan dari keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pemasaran 2 SMK Islam Batu Tahun ajaran 2017/ 2018 Semester Genap. Model pembelajaran ini bisa diterapkan oleh guru ekonomi sebagai referensi pelaksanaan pembelajaran namun perlu diperhatikan tentang materi yang bersifat konseptual dan analisis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39967 |
Actions (login required)
View Item |