Priantoko, Diski (2018) Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi dan Cooperative Script and Share Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi dan Bisnis Siswa Kelas X Akuntansi SMK Islam Batu / Diski Priantoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Priantoko Diski. 2018. Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi dan Cooperative Script and Share Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi dan Bisnis Siswa Kelas X Akuntansi SMK Islam Batu. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Prih Hardinto M.Si Kata Kunci model pembelajaran artikulasi model pembelajaran cooperative script hasil belajar Penggunaan model pembelajaran sangat berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa dari sekian banyak model pembelajaran peneliti memilih model pembelajaran Artikulasi dan model pembelajaran Cooperative Script.. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keefektifan dua model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dan bisnis di kelas X SMK Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif (quasi eksperimen) dengan pemilihan model pebelajaran Artikulasi dan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran ekonomi dan bisnis dalam bab lembaga keuangan bank dan bukan bank di kelas X Akuntansi SMK Islam Batu. Pemilihan subjek kelas peneliti menggunakan Teknik Purposive Sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda program SPSS Versi 22. Hasil uji analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pretest nilai siswa dalam kelas control (X AK 1) secara mayoritas dalam kategori tinggi sebesar 16 siswa sedangkan hasil postest setelah diterapkannya model pembelajaran Cooperative Script secara mayoritas dikategorikan sangat tinggi sebesar 17 siswa. Sedangkan Hasil uji analisis pada kelas eksperimen (X AK 3) dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pretest secara mayoritas dalam kategori tinggi sebesar 14 siswa sedangkan hasil postest setelah diterapkannya model pembelajaran artikulasi secara mayoritas dikategorikan sangat tinggi sebesar 27 siswa. Rata-rata gain score kelas eksperimen(XE) sebesar 16.29 lebih tinggi daripada kelas kontrol(XK) sebesar 12.29. Berdasarkan hasil uji analisis maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Artikulasi dan model pembelajaran Cooperative Script yang diterapkan pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Islam Batu ditemukan bahwa keduanya efektif. Kriteria keefektifan yang ditunjukkan dari model pembelajaran Artikulasi dan model pembelajaran Cooperative Script tersebut dibuktikan dengan tercapainya tujuan instruksional peningkatan nilai belajar dan alokasi waktu yang tepat. Di dalam penelitian ini penulis memberikan saran kepada (1) guru mata pelajaran ekonomi untuk melaksanakan model pembelajaran Artikulasi sebagai alternatif pilihan dalam proses mengajar di kelas (2) Disarankan bagi guru untuk melaksanakan model pembelajaran Artikulasi untuk dijadikan sebagai salah satu pilihan atau alternative dalam melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar di kelas (3) peneliti selanjutnya diharapkan meneliti kelebihan dan kekurangan lain dari model pembelajaran artikulasi dan model pembelajaran cooperative script dikarenakan pada penelitian ini ditemukan bahwa model pembelajaran Artikulasi lebih efektif dibanding dengan model pembelajaran Cooperative Script.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39964 |
Actions (login required)
View Item |