Wicaksana, Sonny Satria (2018) Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Turen / Sonny Satria Wicaksana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Wicaksana Sonny Satria. 2018. Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Turen . Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hari Wahyono M.Pd Kata Kunci numbered head together (NHT) talking stick hasil belajar Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di kelas X IPS di SMA Negeri 1 Turen. Diantaranya adalah siswa yang ragu dalam menyampaikan pendapatnya di dalam kelas siswa cenderung ramai dan berbicara sendiri pada saat proses pembelajaran berlangsung. Masalah ini memberikan dampak buruk terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan penerapan model pembelajaran yang tepat. Model yang dipilih oleh peneliti adalah model pembelajaran numbered head together (NHT) dan model pembelajaran talking stick.Untuk itu peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran numbered head together (NHT) dan model pembelajaran talking stick. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental group design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS di SMA Negeri 1 Turen yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Untuk penentuan hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample Test (Uji t). Berdasarkan hasil penelitian data kemampuan awal siswa (pre-test) pada kelas eksperimen memiliki nilai mean 63 18. Dan dikelas kontrol memiliki nilai mean yang sama yaitu 62 71. Dari hasil nilai mean dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal siswa adalah sama. Sedangkan pada data kemampuan akhir (post-test) siswa memiliki nilai mean yang berbeda. Nilai mean pada kelas eksperimen sebesar 88 63 dan nilai mean pada kelas kontrol adalah sebesar 82 85. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan akhir yang berbeda. Hal ini didukung dengan hasil data gain score pada kelas eksperimen memiliki nilai mean 31 66 sedangkan di kelas kontrol memiliki nilai mean 23 42. Uji hipotesis menggunakan independent sample test pada nilai post-test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) adalah sebesar 0 00 0 05 (nilai probabilitas) artinya kedua kelas memiliki perbedaan hasil belajar setelah diajar dengan kedua model pembelajaran yaitu numbered head together (NHT) dan talking stick. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran numbered head together (NHT) memiliki hasil yang lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran talking stick. Saran yang diberikan penulis dari penelitian ini adalah sebaiknya guru mata pelajaran ekononomi menerapkan model pembelajaran numbered head together vi (NHT) sebagai alternatif penggunaan model pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya alangkah lebih baik jika melakukan penelitian terkait model pembelajaran numbered head together (NHT) dan model pembelajaran talking stick. Serta bagi Program Studi Pendidikan Ekonomi hendakanya menjadikan hasil penelitian sebagai masukan terkait penggunaan model pembelajaran numbered head together dan model pembelajaran talking stick.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39962 |
Actions (login required)
View Item |