Sari, Dita Winda (2018) Analisis perilaku konsumsi mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan yang menggunakan media sosial instagram / Dita Winda Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Sari Dita Winda. 2018. Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan yang Menggunakan Media Sosial Instagram. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ro ufah Inayati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Perilaku Konsumsi Media Sosial Instagram. Salah satu situs jejaring sosial yang populer dijadikan sebagai media berbisnis online adalah Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah perilaku konsumsi mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan yang menggunakan media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian fenomenologis. Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2015 yang menggunakan Media Sosial Instagram. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu (1) Konsumsi mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan hanya cenderung pada konsumsi barang dan jasa (2) Perilaku konsumsi mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan masih dipengaruhi oleh lingkungan sosial yaitu teman sebaya. (3). Perilaku konsumsi mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan juga dipengaruhi oleh perubahan usia perkembangan siklus hidup gaya hidup kepribadian dan konsep diri (4) Perencanaan konsumsi mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan bisa dikatakan baik (5) Pengalokasian uang saku mahasiswa cenderung kepada pengalokasian konsumsi untuk memenuhi kebutuhan primer (6) Mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan sering menggunakan media sosial instagram (7) Motif mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan dalam menggunakan media sosial instagram adalah untuk mendapatkan informasi dan berinteraksi sosial (8) mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan masih mencari pertimbangan dari teman sebayanya terkait dengan pemilihan barang yang akan dikonsumsi Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan yaitu (1) konsumsi mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan cenderung pada konsumsi barang dan jasa (2) Mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan sering menggunakan media sosial instagram. Fitur dalam media sosial instagram yang sering digunakan oleh mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan adalah instagram story explore dan like. Didalam penelitian ini penulis memberikan saran kepada (1) Mahasiswa diharapkan dapat membuat skala prioritas sebelum melakukan konsumsi sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat dalam berkonsumsi dan (2) kepada Peneliti selanjutnya diharapkan meneliti tentang perilaku konsumsi selain yang dilihat dari penggunaan media sosial instagram dan rentang waktu yang lama sehingga menghasilkan penelitian yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39948 |
Actions (login required)
View Item |