Yuana, Rima Santika (2018) Penerapan model pembelajaran debat dan time token dalam kerangka lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang semester genap tahun ajaran 2017/2018 / Rima Santika Yuana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Yuana Rima Santika. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Debate dan Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Kerangka Lesson Study Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang Semester Genap Pada Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ro ufah Inayati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Debate Time Token Berpikir Kritis Penerpan model pembelajaran Debate dan Time Token adalah pembelajaran akan memfokuskan pada sudut pandang analisis siswa menuntut siswa untuk berpikir kritis berargumentasi dan bekerjasama untuk mencapai tujuan pembelajaran terdiri dari kelompok pro dan kelompok kontra yang akan diberi sebuah artikel yang sesuai dengan materi untuk di diskusikan kemudian siswa diminta adu argumen dalam kegiatan Debate. Model pembelajaran Time Token nantinya akan melebur dengan sendiri bersamaan dengan pelaksanaan Debate semua siswa dituntut aktif dan menyampaikan argumennya di depan kelas. Jadi dengan kartu token semua siswa memiliki kesempatan yang sama dalam berbicara. Berpikir kritis siswa yaitu suatu kecakapan berpikir secara efektif yang dapat membantu seseorang untuk membuat keputusan tentang apa yang harus dipercaya atau dilakukan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang sesuai dengan keadaan yang Real. Dan mampu mengkaitkan dengan apa yang terjadi dengan dukungan informasi yang relevan. Dari observasi yang dilakukan di kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Lawang Malang ditemukan masih rendahnya ketertarikan dan daya serap siswa karena pembelajaran. Pendekatan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Lawang Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi Lesson Study Lembar Observasi Berpikir Kritis Siswa dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menerapkan model pembelajaran Debate dan Time Token mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan dengan hasil observasi berpikir kritis siswa pada siklus 1 dengan 3 kali pertemuan yang masuk dalam kategori cukup. Pada siklus II yang juga dilihat dari obeservasi berpikir kritis siswa dari 3 kali pertemuan dan perbaikan yang sudah dilakukan pada siklus II masuk dalam kategori santa baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Debate dan Time Token mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Adapun saran yang diberikan 1) Guru dapat mempertimbangkan model Debate dan Time Token dalam pembelajaran Ekonomi karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa 2) Bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan model Debate dan Time Token pada situasi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39945 |
Actions (login required)
View Item |