Saputra, Nadia Ulfa (2018) Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi pada kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 2 Pamekasan / Nadia Ulfa Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Saputra Nadia Ulfa. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick UntukMeningkatkanHasilBelajarEkonomiPadaKelas XI IPS 1 di SMA Negeri 2 Pamekasan . Skripsi JurusanEkonomi Pembangunan FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Drs. PrihHardinto M.Si. Kata Kunci Talking stick TTS HasilBelajar PenelitianinidilatarbelakangiolehkondisipembelajaranmatapelajaranEkonomi di sekolah yang hasilbelajarsiswanyamasihrelatifrendah.Dalamhalinipenelitiberusahamengatasipermasalahantersebutmelaluipenerapan model pembelajarantalking stick.Penerapan model pembelajarantalking stickinidiharapkandalam prosesbelajardanmengajardapatmembantupemahamansiswadalambelajarEkonomi sehingaahasilbelajarsiswadapatmeningkat. Rumusanmasalahdalampenelitaniniadalah (1) Bagaimanapenerapan model pembelajaranTalking Stickdan media pembelajaran TTS (TekaTekiSilang) siswa SMAN 2 Pamekasankelas XI IPS 1 padamatapelajaranekonomi (2) Apakahpenerapan model pembelajaranTalking Stickdan media pembelajaran TTS (TekaTekiSilang) dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa SMAN 2 Pamekasankelas XI IPS 1 padamatapelajaranekonomi PenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelassebanyakduasiklus.Setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan pelaksanaan pengamatan danrefleksi.Sasaranpenelitianiniadalahsiswakelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Pamekasan.Teknik yang digunakandalammengumpulkan data antara lain tes observasi wawancara catatanlapangan dandokumentasi.Analisis data yang digunakanadalah (1) Memberikansoal test kepadasiswasetelah proses pembelajaran. (2) Menilaihasiltessiswa kemudiandianalisisapakahsiswatersebutsudahtuntasataubelumdenganstandartkelulusan yang digunakanberdasarkankriteriaketuntasan minimum yang digunakan di SMAN 2 Pamekasandansecaraklasikalkelasdinyatakantuntasapabilatelahmemenuhiketuntasanlebihbesaratausamadengan 75%. (3) Membandingkankegiatansoal test padasetiapsiklusapakahterjadipeningkatandanmemenuhisyaratketentuanklasikalataubelum. (4) Mendekripsikandengankalimat kalimatuntukmenjelaskanpeningkatanaspekkognitifdaritiapsiklus.Indikatorkeberhasilandalampenelitianiniapabilapenguasaanmateripesertadidikmencapai 75% daritujuan yang seharusnyadicapai dengannilai KKM 72. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapan model pembelajarantalking stickdengan media TTS inidapatmeningkatkanhasilbelajarEkonomi. Hal inidibuktikandenganadanyapeningkatanPadasiklus I diperolehnilai rata rata pre testsiswakelas XI IPS 1 di SMA Negeri 2 Pamekasandengantarafkeberhasilanhasilpre testsiswa yang mencapainilai 72 sebanyak 10 siswa (45 6 %) dan72 sebanyak 18 siswa (81 2 %) dan72 sebanyak 15 siswa (68 9 %) dan72 sebanyak 20 siswa (90 1 %) dan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39943 |
Actions (login required)
View Item |